Apakah Anda Butuh VMware VSAN? Berikut Fitur-Fiturnya

0
755

Jakarta, KomIT – Mengacu pada harga lisensi (VMware VSAN License) yang terbilang cukup tinggi karena berbasis pada jumlah soket processor, yaitu sekitar $.2.500 USD/soket processor (Dua Ribu Lima Ratus Dolar Amerika). Dengan demikian untuk kebutuhan minimum dengan 3 (Tiga) server dengan masing-masing server menggunakan 2(dua) soket processor, maka biaya yang dibutuhkan hanya untuk VMware VSAN berkisar 6 x $.2.500 = $.15.000 USD, harga ini diluar dari harga lisensi VMware VSphere dan harga hardware nya.

Maka untuk menjawab pertanyaan ini ada beberapa petunjuk/point yang perlu diperhatikan yaitu:
1. VMware VSAN hanya dapat digunakan oleh virtual mesin (VM) dalam kelompok (cluster) VSAN, dan anda belum tentu memerlukan nya.
2. Jika kebutuhan anda dapat mencapai 30 (Tiga Puluh) virtual mesin dengan asumsi 1 (satu) server menangani 10 (sepuluh) virtual mesin, maka sebaiknya anda menggunakan VMware VSAN sebagai storage karena akan terasa sekali perbedaanfaktor pembiayaannya (TCO: Total Cost Ownership), atau
3. Jika kebutuhan anda dapat mencapai 30.000 (Tiga Puluh Ribu) IOPS (Input Output Per Second) dengan asumsi 1 (satu) server memiliki minimum 10.000 (Sepuluh Ribu) IOPS, maka sebaiknya anda menggunakan VMware VSAN sebagai storage, atau
4. Jika kebutuhan anda dapat mencapai 15 (Lima Belas) virtual mesin (VM) dan anda butuh kinerja (performace) yang lebih (bisa mencapai 7x dibanding external storage), maka sebaiknya anda menggunakan VMware VSAN sebagai storage.

Berikut ini keunggulan fitur dan manfaat VMware SAN

o Pengelolaan Tunggal Satu Jendela: Pengelolaan VM dan Storage hanya membutuhkan web browser (firefox/internet explorer). Tidak dibutuhkan pelatihan khusus untuk pengelolaan Storage dari vendor tertentu (EMC, NetApp, dll). Penyediaan storage cukup dengan 2(dua) atau 3(tiga) kali klik.
o Pengendalian Berbasis Kebijakan Virtual Mesin (VM Policy): Tidak ada lagi pengaturan konfigurasi RAID (Redundant Array of Inexpensive Disks) maupun LUN (Logical Unit Number).Penggunaan storage diatur secara otomatis melalui pengaturan VM Policy.
o Tersedia (Built-in) Toleransi Kegagalan:Tidak ada kehilangan data hanya karena kegagalan disk, host/server, jaringan/network. Toleransi kegagalan di tentukan saat menetapkan VM policy.
o Dapat dioperasikan dengan fitur VMware lainnya:VSAN sepenuhnya terintegrasi dengan fitur inti dari vSphere seperti Ketersediaan Tinggi (HA: High Availability), Penjadwalan Sumber Daya Tersebar (DRS: Distributed Resource Scheduler) dan vMotion dan lainnya.
o ArsitekturUnik,menyatudalam hypervisor: VSAN tertanam (embedded)didalam kernel hypervisorsehinggamemiliki jalur terpendek dalam proses I/O (input/output),akibatnya kinerja CPU menjadi optimal.
o Caching disisi server: kinerjaditingkatkan dan latensi penyimpanan (storage latency) diminimalkan. Caching berada disisi serversehinggalalu lintas input/output (I/O) baca/tulis disk lebih cepat.MemanfaatkanSSDflash disk level enterprise (IOPS kelas D: 20.000-30.000 writes per second).
o Dapat diperbesar (Scale Up) dan diperluas (Scale Out): Skala dari VMware VSAN dapat diperbesar (Scale Up = Kapasitas bertambah) dan dapat diperluas (Scale Out : Controler/Host dan Kapasitas bertambah).