2017, Ledakan Stok Robot Industri Kawasan Asia Tenggara

0
628

Jakarta, KomIT –  YuMi  pada 16 – 19 September akan hadir di pameran Electric, Power and Renewable Energy Indonesia 2015  di Jakarta International Expo, Kemayoran. YuMi dirancang secara spesial guna memenuhi kebutuhan produksi yang fleksibel dan cepat, terutama pada industri elektronik.

The International Federation of Robotics sendiri memperkirakan akan terjadi ledakan stok operasional robot industri untuk kawasan Asia Tenggara dengan lonjakan sebesar 28 persen yang terjadi mulai 2015 hingga 2017, atau dalam hal ini setara dengan lebih dari 80,000 robot industri yang dibutuhkan industri di kawasan ini .

Selain itu, YuMi mampu mendukung segala macam aplikasi merata di lingkungan manufaktur komponen kecil berkat beragam inovasi teknologi yang diusungnya, seperti dua lengan robot yang fleksibel, sistem pengasupan komponen universal, komponen berbasis kamera, lead-through programming, serta teknologi mutakhir sistem kontrol gerakan berpresisi tinggi.

Ukuran YuMi yang ringkas dengan dimensi seukuran tubuh manusia dan dengan gerakan yang menyerupai manusia, membuat mitra manusia merasa aman dan nyaman saat berkolaborasi dengan robot tersebut. Fitur mutakhir ini memenangkan penghargaan bergengsi “Reddot ‘best of the best’ design award”.

Kehebatan YuMi tidak hanya itu saja, jika terjadi benturan yang tak disengaja dengan manusia, YuMi akan langsung berhenti beroperasi dalam hitungan milidetik dan YuMi dapat bergerak lagi hanya dengan menekan tombol play pada remote control. YuMi juga tidak memiliki pinch points sehingga beberapa bagian robot yang sensitif tidak akan rusak jika berada di antara dua permukaan yang saling menjepit saat sumbu-sumbu di tubuh robot melakukan gerakan membuka dan menutup.

Aplikasi robot di Indonesia sangat menarik perhatian masyarakat dan komunitas robotik di Indonesia. Peluncuran YuMi membuka peluang baru pada perakitan komponen berukuran kecil sehingga mendorong perkembangan berbagai industri di Indonesia. YuMi akan mengubah cara berpikir kita terhadap otomatisasi perakitan dan akan memberikan sudut pandang baru terhadap masyarakat modern dimana manusia dan robot dapat bekerja berdampingan. (red)