Doctor Gratis Plus, Aplikasi Mobile Konsultasi Medis Virtual

0
1002

Jakarta, KomIT – Health 2i Pte Ltd, sebuah perusahaan start-up kesehatan digital yang berbasis di Singapura, meluncurkan Doctor Gratis Plus, sebuah aplikasi mobile yang dirancang agar para pengguna aplikasi tersebut melakukan konsultasi medis virtual secara real-time dengan dokter dan spesialis bersertifikat melalui teleconference di jalur yang aman.

Dengan memanfaatkan momentum peningkatan penggunaan smartphone di Indonesia, peluncuran aplikasi mobile layanan kesehatan ini diharapkan dapat mengubah cara industri kesehatan beroperasi. Apalagi, bagi kebanyakan orang Indonesia yang tinggal di daerah perkotaan dengan jadwal yang ketat dan serba cepat, ditambah dengan kemacetan lalu lintas, kemampuan untuk berkonsultasi dengan dokter di rumah atau kantor melalui teleconference akan sangat menghemat waktu. Selain itu, berkomunikasi secara teleconference dengan dokter juga akan sangat memudahkan bagi orang yang tinggal di daerah pedesaan yang jauh dari rumah sakit atau klinik.

Melalui teknologi cloud Microsoft Azure, Doctor Gratis Plus menawarkan cara yang aman bagi pasien untuk mengirimkan foto-foto penting, di manapun dan kapanpun, sehingga membantu para dokter untuk memberikan diagnosa yang akurat dan tepat waktu. “Kami memilih untuk bermitra dengan Microsoft dan menggunakan teknologi cloud Azure karena cloud Azure merupakan platform yang cepat, stabil dan aman untuk meng-hosting aplikasi Doctor Gratis Plus. Dengan menggunakan Azure, kami dapat menurunkan biaya operasional kami, sehingga pengeluaran para pasien kami pun dapat lebih rendah dalam menggunakan jasa premium kami,” kata Dr Jacques Durand, pendiri Doctor Gratis dan Direktur Medis dari Health2i.

Doctor Gratis Plus merupakan pengembangan dari aplikasi Doctor Gratis yang telah sukses memberikan konsultasi kesehatan online secara cuma-cuma. Health2i Pte Ltd meluncurkan aplikasi Doctor Gratis pada awal 2013 dan dalam rata-rata telah menyediakan 1.500 konsultasi gratis setiap hari ke lebih dari 2 juta pelanggan aktif di 30 negara.

Doctor Gratis Plus adalah layanan premium Health2i, yang memungkinkan pengguna melakukan pengiriman gambar untuk diagnosis yang lebih mendalam. Platform ini dikembangkan oleh MyOnCallDoc, perusahaan telemedicine yang berbasis di Amerika Serikat.  Selain itu, Doctor Gratis Plus memungkinkan pasien untuk memperoleh akses konsultasi dengan lebih dari 300 dokter dan spesialis kesehatan, dan berencana memperluas jaringannya dengan bermitra dengan beberapa rumah sakit di Indonesia. (red)