Lapan Siap Berikan Layanan Citra Satelit untuk Polri

0
693

Jakarta, KomIT- Polri berkolaborasi dengan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) dalam pemanfaatan data satelit dan penginderaan jauh milik Lapan. Pemanfaatan teknologi keantariksaan untuk kepentingan penegakan hukum, pemantauan lalu lintas arus mudik, tugas intelejen, serta tugas kemanusiaan lain seperti kebakaran hutan.

Ruang lingkup kerjasama kedua lembaga ini antara lain mencakup pemanfaatan dan pengembangan sains-teknologi, pemanfaatan sarana dan prasarana, peningkatan kualitas sumber daya manusia, serta penegakan hukum. Kepala Bagian Hubungan Masyarakat LAPAN, Jasyanto mengatakan Polri adalah memanfaatkan teknologi penerbangan dan antariksa untuk memetakan maupun memantau jalur mudik saat libur lebaran tahun depan. Nantinya, data citra satelit dan pesawat tanpa awak buatan LAPAN akan membantu pihak kepolisian dalam membuat rencana aksi pengamanan serta memantau dan menjamin kelancaran perjalanan di jalur mudik.

Seusai penandatanganan nota kesepahaman (MoU), Kapolri Jenderal Badrodin Haiti mengatakan pihaknya memerlukan peta hot spot kebakaran hutan dan lahan, tugas-tugas intelejen di bidang komunikasi, penginderaan terhadap daerah-daerah tertentu dan pemanfaatan pesawat tanpa awak (UAV) untuk pemetaan dari udara, serta pemantauan arus lalu lintas saat arus mudik. Sebelumnya Lapanpun telah membantu Polri terkait arus mudik dan info lalu lintas dari satelit penginderaan jauh.

Sementara itu, Kepala Lapan Prof. Thomas Djamaluddin menyatakan dalam hal ini Lapan siap memberi layanan citra satelit yang dibutuhkan meski tidak real time, tetapi jeda waktunya tidak terlalu lama. Pengamatan satelit untuk kasus-kasus tertentu bisa Lapan sampaikan. Bahkan pesawat tanpa awak (UAV) Lapan terprogram dengan resolusi 30 centimeter. Hal ini tentu mampu membantu Polri memperoleh citra secara real time untuk kebutuhan operasional dan penegakan hukum.

Menurut dia, kerja sama tersebut merupakan implementasi U U No. 21/ 2013 tentang Keantariksaan. Undang-undang tersebut mengamanatkan Lapan untuk mengoptimalkan penyelenggaraan keantariksaan untuk kesejahteraan rakyat dan produktivitas bangsa. Lapan juga diamanatkan untuk mewujudkan penyelenggaraan keantariksaan sebagai komponen pendukung integritas NKRI demi kepentingan nasional. Atas dasar amanat inilah, lembaga ini bekerja sama dengan berbagai pihak, termasuk dengan Polri. (red)