Kominfo Dorong Masyarakat “Melek” TIK

0
780

Jakarta, KomIT – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) terus berupaya agar masyarakat Indonesia semakin melek terhadap teknologi informasi dan komunikasi (TIK).

Dirjen Aplikasi Informatika (Aptika) Kominfo Bambang Heru Tjahjono, pada acara Taiwan Excellence Pavilion Yogyakomtek, di JEC Yogyakarta akhir pekan lalu mengatakan, pemerintah berharap masyarakat Yogyakarta tidak hanya kagum dan tertarik dengan TIK yang dibawa Taiwan.

Tapi harus dapat menjadikan ajang Yogyakomtek ini sebagai ajang untuk mencari ide dan gagasan yang menarik dan inovatif dalam pengembangan teknologi informasi. “Siapapun yang mampu berinovasi akan didukung oleh pemerintah. Pemerintah melihat potensi yang ada di Yogyakarta dalam hal teknologi informatika sangat besar, terutama karena banyaknya anak muda dan predikat Yogyakarta sebagai kota pelajar,” ujar Bambang.

Terkait upaya mendorong masyarakat melek TIK, lanjut Bambang, maka upaya pertama yang harus dilakukan adalah komputer kepada masyarakat yang memang belum mengenal komputer, seperti ibu rumah tangga dan lainnya. Sasaran berikutnya adalah para pelajar, baik di tingkat SMP maupun SMU, dengan memberikan mata pelajaran terkait TIK. Tujuannya, untuk meningkatkan kreativitas pelajar dalam bidang TIK, yaitu dengan program e-learning.

Kemkominfo, menurut Bambang, juga akan memfasilitasi masyarakat yang memanfaatkan TIK sebagai sara produksi, khususnya yang terkait penggunaan internet cakap, cerdas, kratif dan produktif.
Namun demikian, Bambang mengimbau agar penggunaan internet lebih cerdas, untuk mengurangi efek negatif dari penggunaan internet. “Internet itu seperti pisau bermata dua, untuk itu kita menekankan penggunaan UU ITE. UU itu bukan hanya untuk pencemaran nama baik, tetapi untuk security (kemananan),” pesan Bambang. (Red)