Genjot Kampanye Perubahan Iklim, ICCTF Gelar Media Award

0
1425

JAKARTA, KomIT- Indonesia Climate Change Trust Fund (ICCTF) menggelar kompetisi jurnalistik ICCTF Media Award 2015. Tujuannya, untuk menggairahkan semangat media dan masyarakat dalam memperhatikan penanganan perubahan iklim, khususnya upaya mitigasi dan adaptasi perubahan iklim untuk kesejahteraan masyarakat.

ICCTF menilai, saat ini isu perubahan iklim belum menjadi fokus utama pemberitaan media massa. Padahal, berdasarkan perkiraan ilmiah, dampak perubahan iklim menimbulkan ancaman dan tantangan jangka panjang yang signifikan untuk pembangunan di berbagai sektor dan daerah.

Menurut Endah Murniningtyas, Deputi Bidang Kemaritiman dan Sumber Daya Alam Kementerian PPN/Bappenas, yang juga Ketua Majelis Wali Amanat ICCTF, upaya penanganan perubahan iklim adalah tanggung jawab semua pihak, baik Pemerintah, sektor swasta, ataupun publik.

Untuk itu, peran media menjadi sangat signifikan sebagai saluran informasi yang memiliki jangkauan luas terhadap masyarakat, terutama di saat perhatian masyarakat semakin meningkat terhadap isu tersebut.

ICCTF Media Award 2015 ini mengambil tema “Mitigasi dan Adaptasi Perubahan Iklim bagi Kesejahteraan Rakyat Indonesia”. Tema ini dibagi lagi menjadi empat sub-tema, yaitu land-based mitigation, energi, resilience and adaptation, serta pembangunan kota yang ramah lingkungan.

Tema dan sub-tema tersebut merupakan refleksi dari fokus ICCTF untuk mendorong pembangunan berkelanjutan atau yang berwawasan lingkungan melalui implementasi Rencana Aksi Nasional Penurunan Gas Rumah Kaca (RAN-GRK), Rencana Aksi Daerah Penurunan Gas Rumah Kaca (RAD-GRK), dan Rencana Aksi Nasional Adaptasi Perubahan Iklim (RAN-API).

Siaran pers ICCTF menyebutkan, tiga jurnalis yang menjadi pemenang ICCTF Media Award 2015 ini akan mendapat hadiah perjalanan ke Paris, Prancis, guna meliput langsung United Nations Framework Convention on Climate Change (UNFCCC) Conference of the Parties (COP) ke-21 pada akhir November 2015.

Konferensi tersebut merupakan forum penting bagi Indonesia dan dunia dalam meneruskan aksi penanganan perubahan iklim secara nasional dan global.

ICCTF) merupakan instrumen kunci bagi Pemerintah Indonesia dalam mencapai target mitigasi dan adaptasi, melalui implementasi RAN/RAD-GRK dan RAN-API. Upaya yang dilakukan adalah dengan mendorong dan menyalurkan sumber daya domestik dan pendanaan internasional ke proyek-proyek yang selaras dengan rencana pelaksanaan RAN/RAD-GRK.

ICCTF mendukung target penurunan emisi Indonesia sebesar 26% dengan usaha sendiri dan 41% dengan bantuan internasional. (Red)