PANDI Gelar Asia Pacific Top Level Domain

0
724

Jakarta, KomIT – Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) bersama Asia Pacific Top Level Domain Association (APTLD) menggelar APTLD Meeting di Jakarta, kemarin. Kegiatan tersebut bersamaan dengan Asia Pacific Network Information Centre (APNIC) Meeting ke-40 dan PANDI Meeting ke-5.

Sebanyak 70 orang peserta dari 21 pengelola nama domain negara hadir dalam APTLD Meeting, di antaranya dari Rusia, Kazakhstan, Tajikistan, Nepal, Ukraina, Singapura, Vietnam, Timor Leste, Jepang, Tiongkok, Arab Saudi, Taiwan, Korea Selatan, Srilanka, dan Malaysia. Selain dari kawasan Asia-Pasifik, dihadiri oleh perwakilan DENIC, pengelola nama domain .de dari Jerman.

Kegiatan APTLD Meeting dimulai dengan pelatihan ‘Resilient TLD Operations’ yang bertujuan untuk memperkuat kemampuan teknis pengelola nama domain se-Asia Pasifik ini diselenggarakan bekerja sama dengan Internet Corporation for Assigned Names and Numbers (ICANN). ‘APTLD Meeting’ merupakan pertemuan rutin dua kali dalam setahun. Dalam APTLD Meeting, pengelola nama-nama domain Internet se-Asia Pasifik saling berbagi pengalaman dan berjejaring.

Ketua PANDI, Andi Budimansyah, menyatakan kegiatan ini merupakan kontribusi Indonesia pada pengelolaan nama domain di kawasan Asia-Pasifik. Kerja sama antar pengelola nama domain akan meningkatkan kualitas layanan kepada pengguna nama domain di kawasan ini.

Di tempat yang sama, General Manager APTLD Leonid Todorov meng-apresiasi atas penyelenggaraan APTLD Meeting yang diklaim sangat profesional. Secara keseluruhan, PANDI telah melakukan pekerjaan yang luar biasa dan membuat seluruh pertemuan berjalan dengan baik, ujar Leonid seraya mengapresiasi keaktifan PANDI menjadi pembicara dan moderator dan terlibat aktif dalam diskusi-diskusi yang sangat bermanfaat bagi perkembangan domain di Asia Pasifik. (red)