20 Finalis Siap Bersaing di Komptisi NexDev

0
811

Jakarta, KomIT – Kompetisi pembuatan aplikasi kota pintar (Smart City) yang digelar Telkomsel, dengan nama NexDev telah memasuki fase boot camp. Tahap ini akan iikuti 20 finalis yang berhasil masuk putaran final.

Boot camp NextDev akan digelar selama tiga hari di Jakarta. Dalam tahap ini, bar finalis akan mengikuti serangkaian kegiatan yang bertujuan menambah keahlian para finalis. Di antaranya, workshop, one on one mentoring and coaching, training mengenai presentation skill, serta finalisasi UI/UX (user interface/user experience).

Beberapa pakar Smart City yang akan ikut serta sebagai mentor atau coach pada ‘NextDev Boot Camp’ ini, antara lain Yansen Kamto (CEO Kibar Kreasi), Vina Serlina (Senior User Experience Expert BliBli Management), Andreas Sandjaja (CEO Badr Interactive), Ivan C. Permana (Vice President Technology & System Telkomsel), Iwan Setiawan (Chief Khowledge Officer MarkPlus) dan Dian Wulandari (CEO Marketeers).

“Fase Boot Camp menjadi sangat penting dalam rangkaian program The NextDev, karena pada fase ini seluruh finalis akan dibekali dengan berbagai pengetahuan yang akan menunjang dalam memasarkan produk mereka,” ujar Adita Irawati VP Corporate Communication Telkomsel, dalam keterangan persnya.

Pada tahap awal, kompetisi ini sedikitnya telah menjaring 400 aplikasi solusi perkotaan. Dan seletelah melewati serangkaian seleksi, didapatkan 20 finalis yang merupakan individu/kelompok developer muda dari berbagai daerah di Indonesia. Ke-20 finalis ini akan bersaing untuk dapat masuk putaran final.

Para finalis ini selanjutnya akan ditantang untuk menuangkan kreativitasnya pada enam sub tema yang telah ditetapkan, yaitu e-Education (pendidikan), e-Government (pemerintahan), e-Transportation (transportasi), e-Tourism (pariwisata), e-Health (kesehatan) dan e-UKM (UKM).

“Aplikasi-aplikasi yang dibawa oleh 20 finalis memiliki keunikan masing-masing, karena dikembangkan berdasarkan permasalahan nyata di tiap kota. Kami yakin aplikasi-aplikasi tersebut dapat diduplikasi untuk diterapkan di kota lain dan memberikan kemanfaatan seluas-luasnya,” jelas Adita.

Para developer akan mengikuti serangkaian tahapan selanjutnya yang terdiri dari bootcamp (design, development, distribute), pitching, serta investor meet up, dan mereka akan dinilai berdasarkan tiga hal, yaitu Usability (UX), Kesesuaian Tema dan Impact Level, dan Kesiapan Produk. Di akhir program, tiga tim terbaik akan mendapatkan hadiah 5M, yakni Market Access, Marketing Publicity, Mentoring, Management Trip dan Money.

The NextDev yang juga bagian dari program corporate social responsibility (CSR) Telkomsel, bertujuan untuk menggali potensi anak muda Indonesia sehingga mereka dapat turut membawa dampak sosial yang positif bagi masyarakat. (Red)