Schneider Wiser Inovasi era Internet Of Things (IOT)

0
1115

Jakarta, KomIT -Di masa depan, laju pertumbuhan ekonomi global akan mendorong tingginya laju pengonsumsian energi, terutama dengan meningkatnya permintaan energi di negara-negara berkembang termasuk Indonesia. Pemerintah telah mencanangkan produksi 35ribu kilowatt untuk memenuhi kebutuhan listrik ke seluruh pelosok Indonesia, dan rencana ini harus didukung dan dikelola dengan produk dan solusi yang inovatif dan terpadu.”

“Melihat urgensi tersebut, Schneider Electric ingin turut berperan dan berkolaborasi dengan mempersembahkan produk dan solusi yang telah membantu banyak negara di berbagai belahan dunia dalam mengelola energi menjadi lebih baik, efisien, aman dan berkelanjutan,” ujar Riyanto Masham, Country President Schneider Electric Indonseia.

Selain itu Schneider juga memiliki inovasi berupa travo-travo listrik, yang bekerja secara kolaborasi dengan menggunakan listrik standar (PLN) dengan listrik dari panel surya. Semua inovasi kelistrikan yang dimiliki Schneider ini sesuai dengan kampanya global mereka yaitu “Life is On.” Rangkaian produk dan solusi yang terintegrasi meningkatkan konektivitas, keberlanjutan, efisiensi, keterandalan serta kemanan dalam pengelolaan energi. Tiga lini yang tetap menjadi target Schneider yaitu Bangunan/Gedung (komersil/residensial) Industri, dan Perkotaan.

Baru-baru ini, Schneider Electric sebagai pemimpin global dalam manajemen energi dan otomatisasi meluncurkan kampanye global terbarunya: “Life is On’. Kampanye ini bertujuan untuk memungkinkan setiap orang memiliki akses ke energi yang aman, handal, efisien dan berkelanjutan. Hal ini sejalan dengan misi Schneider Electric untuk menciptakan teknologi yang saling terhubung dan mampu memberikan definisi baru pada industri pengelolaan energi (khususnya kelistrikan), mentransformasi perkotaan, dan memperkaya kehidupan.

Schneider juga memberikan inovasi yang berkaitan dengan era IoT, yaitu dengan terobosan produk terbaru sebagai home-automation. Untuk solusi rumahan, Schneider memperkenalkan produk Wiser dan ULTI yang menghubungkan semua kelistrikan pada rumah melalui internet. “Sekarang sudah era IoT (Internet of Things), dimana teknologi yang terhubung dengan internet bukan lagi sekedar gadget atau perangkat mobile, ” ujar Donald Situmorang, Head of Marketing Schneider Electric Indonesia.

Wiser merupakan produk home-automation yang dipasang mulai dari instalasi awal pad rumah sedangkan ULTI bisa digunakan menggantikan teknologi yang ada saat ini. Panel-panel sakelar pintar untuk lampu, TV, AC dan perangkat elektronik lain di dalam rumah bisa dikendalikan dari jauh dengan menggunakan remote aplikasi dari Smartphone. “Home automation bisa menjadikan pemakaian energy jauh lebih hemat. Dengan pengendalian jarak jauh, penggunaan listrik dirumah jadi bisa lebih terkendali,” lanjut Donald.

“Schneider Electric Indonesia yang selama 40 tahun telah menjadi bagian penting dari upaya pengelolaan energi di Indonesia percaya bahwa pihak pelaku bisnis harus berperan lebih aktif dalam memastikan perekonomian dan kehidupan yang lebih efisien dan berkelanjutan. Kami percaya, dengan semangat ‘Life is On’, apa yang kami hadirkan dalam pameran ini akan berperan besar dalam memperlihatkan dan mengedukasi masyarakat tentang suatu kesatuan solusi pengelolaan energi di masa kini dan masa mendatang,” tutup Riyanto. (red)