Rudiantara Optimis Panataan Frekuensi 1.800 MHz Rampung Akhir 2015

0
907

Jakarta, KomIT – Target pemerintah cq Kementerian Komunikasi dan Infomatika (Kominfo) untuk menyelesaikan penataan layanan telekomunikasi 4G LTE padan frekuensi 1.800 MHz pada akhir 2015, sepertinya bakal tercapai. Pasalnya, proses refarming frekuensi tersebut saat ini sudah dalam tahap penyelesaian.

Menkominfo Rudiantara yang ditemui usai mengikuti sebuah acara talkshow, di Jakarta mengungkapkan, proses refarming sudah memasuki pulau jawa. Karenanya ia optimistis target ditetapkan pemerintah akan tercapai.

“Kami berharap akhir tahun prosesnya di seluruh Indonesia sudah selesai. Sehingga nantinya masayarakat Bener-benar dapat menikmati koneksi internet yang lebih kencang melalui jaringan 4G LTE,” jelas Rudiantara.

Dia juga mengatakan, pihaknya tengah menyiapkan hajatan khusus untuk menandai selesainya refarming dan komersialisasi 4G di 1.800 MHz. Sebab menurutnya, keberhasilan tersebut merupakan sebuah prestasi yang memang harus dirayakan.

“Ini bukan prestasi saya atau Kominfo. Tapi ini keberhasilan industri. Meskipun mereka saling berkompetisi tapi bisa duduk bareng dan punya keyakinan untuk melakukan bersama-sama,” ujar Menkominfo.

Bicara mengenai penyelenggaraan layanan 4G di daerah, Rudiantara mengatakan, dirinya menyerahkan kembali persoalan itu ke operator telekomunikasi. Karena itu merupakan strategi bisnis masing-masing operator.
“Mereka kan bukan milik pemerintah yang harus diatur, untuk menyelenggarakan di sini atau di situ,” tandasnya.

Lebih lanjut menkominfo Rudiantara mengungkapkan, setelah frekuensi 1800 MHz rampung, maka pihaknya mulai menata jaringan 2,1 GHz. Rencananya proses refarming akan digelar tahun depan.

“Insya Allah semester kedua tahun 2016, kami akan mulai proses refarming untuk frekuensi 2,1 GHz. Karena proses tendernya saja, saat ini masih berjalan,” ucapnya. (Red)