AMD Umumkan Kehadiran Jajaran Chip Grafis Terbaru

0
653

Jakarta, KomIT – Perusahaan pembuat chip set, AMD mengumumkan kehadiran jajaran chip grafis baru yang dirancang khusus untuk perangkat embedded sistem. Chip tersebut terbagi dalam tiga kategori, yaitu kategori power efficient, high performance, dan ultra-high performane.

Ketiga jajaran chip grafis teranyar buatan AMD ini juga telah mendukung berbagai teknologi modular, seperti Multi-Chip Module (MCM), Mobile PCIe Module (MXM), dan PCIe.

Chip grafis AMD terbaru yang masuk ke dalam kategori power efficient, adalah E6465MCM, E6465MXM, dan E6465PCIe. Sebagaimana dengan nama kategorinya, ketiga chip grafis tersebut dirancang untuk perangkat yang beroperasi dengan daya di bawah 20W.

Di dalamnya hanya terdapat dua unit komputasi dengan performa maksimal mencapai 192GFLOPS. Chip grafis ini telah dilengkapi dengan memori GDDR5 sebesar 2Gb dan dapat mendukung output hingga empat layar.

Sementara chip grafis yang masuk ke dalam kategori high performance, adalah E8870MXM dan E8870PCIe. Keduanya menawarkan performa grafis dengan konsumsi daya di bawah 75W. Keduanya juga memiliki 12 unit komputasi dengan performa hingga 1,5TFLOPS dan didukung memori GDDR5 sebesar 4GB. Chip grafis ini juga telah mendukung output hingga enam layar.

Dan chip grafis yang masuk ke dalam kategori ultra-high performance, adalah E8950MXM. Chip ini telah mendukung output hingga enam layar beresolusi 4K.

Pihak AMD mengatakan, chip grafis ini sangat cocok untuk perangkat mesin gaming arcade kelas high-end, perangkat medis, serta perangkat militer.

Chip grafis ini memiliki 32 unit komputasi dengan performa hingga 3TFLOPS. Ia juga didukung dengan memori GDDR5 sebesar 8GB dan memiliki konsumsi daya di bawah 95W. (Red)