Survei Acronis: Praktek Backup Data masih Rendah

0
806

Jakarta, KomIT – Dalam pameran teknologi COMEX 2015 yang berlangsung di Singapura, Acronis®, pemimpin dalam bidang proteksi data merilis temuan survei konsumen yang bertujuan untuk mengukur praktek backup data di antara pengguna umum perangkat digital, termasuk komputer, komputer jinjing, ponsel pintar, dan tablet.

Dari hasil survei tersebut ditemukan bahwa terlepas dari seringnya kejadian kehilangan data, lebih dari setengah responden tidak mem-backup data-data pribadi, termasuk foto, video, berkas, dokumen, dan informasi kontak.

Survei juga menemukan bahwa mereka yang melakukan backup data tidak memanfaatkan kemudahan penggunaan dan kecanggihan kemampuan solusi backup awan dan sebaliknya justru menggunakan hard drive eksternal dan flash drive USB, yang rentan mengalami malfungsi, pencurian, dan kerusakan fisik.

Survei menunjukkan bahwa kesulitan yang dirasakan dalam penggunaan piranti lunak masih menjadi hambatan dalam adopsi backup, dan bahwa harus ada upaya lebih dalam mengedukasi konsumen tentang kelebihan backup awan dan risiko menyimpan data di perangkat penyimpanan lokal. “Data survei kami menunjukkan bahwa mayoritas konsumen tidak menyadari pentingnya mem-backup data dan kenangan digital mereka. Kebanyakan menunggu hingga bencana terjadi – saat upaya backup sudah terlambat!” ujar Serguei Beloussov, CEO Acronis.

“Dengan Acronis True Image Cloud terbaru, kami memungkinkan konsumen dan kantor rumahan untuk mengamankan data dan informasi berharga dengan jauh lebih mudah dan terjangkau daripada sebelumnya.”
Penemuan Survei Utama menunjukkan bahwa lebih dari 52% responden menyatakan pernah mengalami kehilangan data antara satu sampai tiga kali, dan hampir 6% mengalami kehilangan data empat kali atau lebih sepanjang hidupnya. Sebagian besar responden (55%) saat ini tidak menggunakan solusi backup data apa pun. Hanya 24% responden pernah melakukan backup data sebelumnya.

Sementara itu, kebanyakan responden (64%) menyimpan foto dan video di perangkat penyimpanan eksternal; 25% menyimpan foto dan video di awan, dan 11% hanya memiliki data yang ada di komputer, ponsel, atau tablet mereka tanpa backup sama sekali. Sedangkan kemudahan penggunaan piranti lunak dianggap sebagai aspek terpenting dari backup (56%), di atas fitur yang ditawarkan (56%), dan harga (18%).

Acronis menerima tanggapan dari 353 orang yang mengunjungi stand Acronis di pameran COMEX selama empat hari pelaksanaan acara pada bulan Septembe 2015. Kebanyakan responden adalah pira (96%), berusia di bawah 25 tahun (56%), dan penduduk Singapura (93%).