Dell Umumkan Hasil Survey GTAI 2015

0
782

Jakarta, KomIT – Hasil survei tahunan Global Technology Adoption Index (GTAI 2015) menemukan, organisasi yang secara aktif menggunakan teknologi cloud, mobilitas, big data atau keamanan menikmati peningkatan pendapatan 53% lebih tinggi, dibanding yang belum melakukan investasi teknologi-teknologi tersebut.

Tapi di sisi lain, hasil survey juga menemukan, meski terdapat hubungan kuat antara penggunaan teknologi dan peningkatan pendapatan, faktor biaya menjadi hambatan utama dalam implementasi keempat teknologi tersebut.

Survey GTAI, yang dimulai 2014 dan dilanjutkan pada tahun 2015 ini, mewawancarai para pengambil keputusan TI dan bisnis dari organisasi-organisasi kelas menengah di seluruh dunia. Tujuannya adalah untuk memahami perspektif, rencana dan bagaimana mereka memanfaatkan empat teknologi utama tersebut.

Dan hari ini (Jumat. 16/10), Dell mengumumkan bagian pertama dari hasil survei global, dan data tambahan khusus untuk tiap industri. Hasil survey ini akan dipublikasikan dalam beberapa tahap sepanjang 2016.

“Kami yakin hasil riset terbaru ini akan membantu perusahaan, melihat korelasi antara pemanfaatan teknologi dan peningkatan pendapatan, serta peningkatan efisiensi dan pertumbuhan perusahaan. Karenanya kami sangat antusias, melihat semakin banyak organisasi yang menyadari arti penting dan strategis dari investasi teknologi,” ujar Paul J. Walsh, CIO Dell, dalam siaran persnya.

GTAI 2015 mengidentifikasi hubungan erat antara keempat teknologi tersebut dan tujuan efisiensi dan pertumbuhan perusahaan. Untuk mobilitas, manfaat terbesar yang diperoleh adalah peningkatan efisiensi (39%). Sementara manfaat lainnya yang berhubungan dengan efisiensi, adalah peningkatan proses bisnis (21%), dan berkurangnya pekerjaan administratif (21%).

Untuk cloud, tiga manfaat utama yang diidentifikasi juga berhubungan dengan efisiensi, yaitu menghemat biaya (42%), menyelesaikan pekerjaan lebih cepat (40%), dan alokasi sumber daya TI dengan lebih baik (38%).

Untuk big data, manfaat utama yang diidentifikasi berkaitan dengan meningkatkan keunggulan kompetitif serta pertumbuhan dan retensi pelanggan, yaitu target kegiatan pemasaran yang lebih baik (41%), optimalisasi biaya iklan (37%), dan optimalisasi kegiatan pemasaran sosial media (37%).

Demikian juga untuk keamanan, yang diidentifikasi sebagai manfaat utama bagi organisasi yang baru memulai program keamanan TI adalah kemampuan untuk cepat menanggapi kondisi pasar (77%). Sementara untuk organisasi yang telah memiliki solusi keamanan modern, manfaatnya bisa mencapai 78%. (Red)