Tunggu Refarming, Indosat Siap Geber 4G di 1.800 MHz

0
775

Jakarta, KomIT – Indosat sepertinya tak mau berlama-lama mengomersialisasikan layanan 4G LTE. Begitu refarming pada frekuensi 1.800 MHz usai akhir November 2015 nanti, Indosat langsung tancap gas gelar layanan telekomunikasi itu serentak di sejumlah kota.

“Kami tidak akan mengomersialisasikannya satu-satu per kota, melainkan serentak di seluruh Indonesia. Komersialisasi 4G LTE di frekuensi 1.800 MHz ini kami laksanakan bersaam dengan ulang tahun Indosat pada 26 November nanti,” ungkap Alexander Rusli, Presiden Director & CEO Indosat.

Dijelaskan, selama ini pada frekuensi 1.800 MHz ini Indosat baru membuka layanan 4G LTE ini di Balikpapan, Kalimantan Timur. Sebelumnya Indosat juga sudah menggelar 4G LTE di Jakarta, Bandung, dan Bali, dengan mengandalkan spektrum 900 MHz.

Indosat rencananya akan mengomersialisasikan layanan 4G di frekuensi 1.800 MHz di lebih dari 20 kota. Tentu saja setelah refarming ini rampung. Selain Indosat, proses refarming juga melibatkan Telkomsel, XL Axiata, dan Hutchison 3 Indonesia.

Sejak dimulai Mei lalu, proses penataan ulang dan refarming telah memasuki Jawa tengah dan perlahan-lahan akan terus maju ke pusat daerah padat trafik pelanggan. Puncaknya, refarming akan masuk ke area Jabodetabek pada pertengahan November.

Refarming 4G LTE pada frekuensi 1.800 MHz ini sekarang sudah mencapai 85%, atau sudah sebanyak 35 klaster yang siap dari total 42 klaster yang direncanakan. Proses refarming pada frekuensi ini ditargetkan oleh pemerintah cq Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) akan rampung pada akhir November 2015. (red)