#1TahunJokowi: Twitter Catatan Kerja Digital Jokowi

0
841

Jakarta, KomiT – Satu tahun yang lalu Twitter sempat ramai oleh percakapan pengguna Indonesia tentang pelantikan Joko Widodo (Jokowi) sebagai Presiden Republik Indonesia yang ke-7. Setelah absen berkicau selama delapan bulan, Jokowi kembali membuka akun Twitter pribadinya, @jokowi, agar dapat berinteraksi langsung dengan masyarakat Indonesia.

Sebelumnya, Presiden Jokowi memiliki lebih dari 2.3 juta followers. Per hari ini, angka tersebut meningkat lebih dari 50%, menjadikan jumlah followers beliau mencapai hampir 3.7 juta orang. @jokowi juga menjadi Presiden pertama di kawasan Asia Pasifik yang memiliki dan menggunakan Periscope untuk berkomunikasi langsung dengan rakyat-nya.

Twitter menjadi tempat bagi Presiden Jokowi untuk terus terhubung dengan masyarakat dan mengkomunikasikan kegiatannya selama ini, baik itu menanggapi berbagai isu yang sedang terjadi maupun mengambil tindakan untuk menanggapi penyampaian masyarakat melalui Twitter. Sebagai platform komunikasi publik, Twitter juga telah memungkinkan @jokowi menjadi lebih transparan terkait kinerja pemerintah dalam hal pembangunan, keamanan, hukum, sosial, politik, hingga budaya; serta menjadikannya sebagai media untuk melakukan diplomasi dengan pemimpin dari berbagai negara.

Untuk melihat lebih lengkap perjalanan Presiden Jokowi di Twitter selama satu tahun menjabat sebagai Presiden Republik Indonesia, silahkan mengunjungi blog Twitter Indonesia: https://blog.twitter.com/id/2015/1tahunjokowi-catatan-kerja-digital-presiden-jokowi. (red/ju)