Trend Micro Akuisisi HP TippingPoint

0
567

Jakarta, KomIT – Trend Micro International mengumumkan, telah menandatangani pengakuisisian HP_TippingPoint, perusahaan penyedia next-generation intrusion prevention systems (NGIPS) berikut solusi keamanan jaringan terkait yang telah terkemuka di dunia.

Dalam perjanjian senilai US$ 300 juta tersebut, meliputi akuisisi teknologi keamanan, kekayaan intelektual, kepiawaian, berikut basis pelanggan di lingkup enterprise yang loyal dan jumlahnya begitu besar.

Akuisisi ini sekaligus menempatkan Trend Micro sebagai penyedia keamanan terkemuka bagi Enterprises, melalui kehadiran solusi-solusi pertahanan keamanan terhadap ancaman yang begitu dinamis, mencakup wilayah endpoints, network, data center, hingga cloud.

Selain itu, Trend Micro juga berencana mengintegrasikan seluruh kapabilitas yang ada serta kapabilitas hasil dari proses akusisi tersebut, untuk membangun sebuah unit bisnis baru. Yaitu unit bisnis Network Defense yang melayani lebih dari 3500 pelanggan di lingkup enterprise.

Eva Chen, CEO, Trend Micro dalam keterangannya mengatakan, eterprise masa kini yang makin tak berbatas mengalami serentetan ancaman yang kian gencar dan begitu kompleks. Mereka dituntut selalu siap untuk dapat mengatasi, mendeteksi, serta merespon setiap ancaman mutakhir yang mungkin bisa mengelak dari penjagaan keamanan tradisional.

Belum lagi maraknya serangan-serangan bertarget maupun ancaman-ancaman keamanan mutakhir yang mampu memotong operasi kendali tradisional, dengan memanfaatkan jaringan internal yang ada. Khususnya untuk mengakses data yang mengandung informasi sensitif bagi perusahaan maupun sederetan kekayaan intelektual milik perusahaan.Dan yang paling parah, memperjualbelikan data penting tersebut.

“Solusi pertahanan keamanan jaringan generasi masa depan yang kami suguhkan, dilengkapi dengan sistem pendeteksi penerobosan jaringan milik kami yang terbukti menjadi yang terunggul di industri. Dan sekarang disempurnakan lagi dengan kapabilitas-kapabilitas mutakhir yang terdapat pada TippingPoint,” ucap Eva.

Menurut dia, penggabungan kemampuan, untuk mencegah setiap upaya penerobosan dengan kemampuan pendeteksian dini. Ini merupakan pendekatan strategis multi faset yang diterapkan oleh Trend Micro, dalam rangka mengatasi setiap serangan-serangan canggih yang dibidikkan.

Sedangkan bila sistem telah terlanjur terterobos, solusi yang diterapkan oleh Trend Micro akan dengan sigap mendeteksi, kemudian melakukan mitigasi secara kilat pada setiap sarana eksploitasi yang dilancarkan ke jaringan. Sehingga mampu menghindarkan jaringan dari kerusakan-kerusakan lebih lanjut.

Trend Micro dan TippingPoint sendiri telah menjalin kemitraan strategis bersama sejak 2014. Untuk itu, usai kesepakatan tersebut, HP dan Trend Micro berkomitmen untuk terus memperkuat kemitraan mereka yang telah terbangun dengan solid selama ini.

Di luar dari diakuisisinya seluruh kapabilitas untuk kemanan jaringan, akuisisi tersebut juga mencakup seluruh kapabilitas dan kecanggihan TippingPoint’s Digital Vaccine LABS (DVLABS). Selain itu, Trend Micro juga berhak atas Zero Day Initiative, yang selama ini diakui paling berhasil dalam mengungkapkan adanya zero-day vulnerabilities dibanding para pesaingnya.

Proses akuisisi ini diharapkan akan rampung di akhir kuartal keempat 2015. Dan kedua belah pihak juga sepakat untuk tunduk pada setiap kesepakatan akhir dan segala hal terkait regulasi yang telah ditetapkan. red