Berita Nasional, Konten Populer versi DU Browser

0
684

Jakarta, Komit – Berdasarkan analisis data aktivitas pengguna DU Browser di Indonesia selama Q3 2015., ditemukan bahwa para pengguna mobiledi Indonesia masih tetap mengutamakan perambannya untuk membaca berita penting terkait hal-hal yang terjadi di dalam negeri. Hal ini bisa dilihat dari besarnya porsi kategori berita nasional (25%) yang menempati peringkat teratas dalam daftar berita yang paling banyak dibaca oleh penggunaDU Browser.Pada dua kuartal sebelumnya pun, berita nasional menjadi berita yang paling banyak dibaca oleh pengguna, yakni sebanyak 34% pada Q1 2015 dan 26,6% pada Q2 2015.

Meski begitu, temuan tentang preferensi berita pada Q3 2015 sedikit berubah jika dibandingkan dengankuartal sebelumnya. Pada Q2 2015, beritahiburan menduduki posisi kedua dalam daftar berita yang paling banyak dibaca oleh pengguna DU Browser, yakni sebanyak 22%. Sedangkan pada Q3 2015, posisi kedua ditempati oleh berita internasional dengan porsi sebesar 20,8%.

Temuan lain menunjukkan bahwa pada Q3 2015, Presiden Joko Widodo (Jokowi) masih menjadi salah satu tokoh paling populer di negeri ini, meskipun tidak menempati peringkat pertama. Jokowi juga menjadi satu-saatunya tokoh dari kalangan pemerintah atau politisi yang beritanya paling banyak dibaca oleh pengguna DU Browser. Sementara tokoh-tokoh populer lainnya berasal dari kalangan selebriti dalam dan luar negeri. Meski begitu, tokoh populer yang paling menarik perhatian para pembacaadalah pria asal Banyuwangi, Jawa Timur, yang bernama Tuhan.

Pada Q3 2015 berita nasional masih tetap menjadi berita yang paling banyak dibaca oleh pengguna DU Browser, sedangkan berita internasional menduduki peringkat kedua, menggeser berita hiburan yang pada Q22015 menempati peringkat kedua dengan jumlah sebanyak 22%. Meski begitu, pada Q3 2015 berita hiburan tetap memegang daya tarik yang besar, karena menduduki peringkat ketiga dengan porsi sebesar 18,75%. Sementara itu, berita politik yang pada Q2 2015 masuk dalam daftar berita yang paling banyak dibaca oleh pengguna, tidak lagi masuk dalam daftar karena tergeser oleh berita olahraga.

“Kami menyusun daftar pencarian dan konten populer di DU Browserberdasarkan analisis data aktivitas pengguna di Indonesia selama Q3 2015. Pada kuartal ketiga yang baru berlalu, kami menemukan bahwa para pengguna mobile di Indonesia lebih mengutamakan perambannya untuk membaca berita penting, terutama yang terkait dengan hal-hal yang terjadi di dalam negeri,” ujar Bao Jianlei, Direktur Baidu Indonesia.

“Melalui laporan tentang kebiasaan dan preferensi berita dari para pengguna mobilebrowserdi dalam negeri ini, kami berharap dapat memberikan wawasan bagi para pelaku industri mobile, terutama para pengembang konten, dalam memahami karakteristik pengguna mobile di Indonesia,” Bao menambahkan.

DU Browser merupakan peramban khusus perangkat Android yang dikembangkan oleh Baidu. Hingga kinidi Indonesia, DU Browser telah diunduh lebih dari 42 juta kali, serta telah memiliki 7juta pengguna bulanan aktif (monthly active users). (red)