12 Perusahaan Terbaik Raih Top IT & Telco Award

0
4560

Jakarta, KomIT – Majalah Itech, kembali memberikan apresiasi tertinggi kepada perusahaan yang telah berhasil mengimplementasikan dan memanfaatkan berbagai solusi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam mendukung pertumbuhan bisnisnya, melalui ajang penghargaan bertajuk Top IT & Telco 2015.
Bertempat di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta.

Event ini terselenggaran berkat kerjasama antara Majalah Itech dengan beberapa asosiasi TI TELCO, seperti FORTI (Forum TI BUMN), ASPEKTI (Asosiasi Perusahaan Konsultan Telematika Indonesia), IKTII (Ikatan Konsultan TI Indonesia), AiTI (Asosiasi Industri Teknologi Informasi Indonesia), dan MASTEL (Masyarakat Telematika Indonesia). Selanjutnya adalah ATSI (Asosiasi Penyelenggara Telekomunikasi Seluruh Indonesia), ASPILUKI (Asosiasi Piranti Lunak Indonesia), PANDI (Penglola Nama Domain Indonesia), Indoglobit, serta Alvara (lembaga riset marketing). Tak ketinggalan, TOP IT & TELCO 2015 juga didukung oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika RI.

Event penghargaan tahunan yang diselenggarakan untuk kedua kalinya ini, dilakukan melalui mekanisme penjurian dan poling yang ketat terhadap sejumlah perusahaan dan vendor TIK di Indonesia. Dikomandani oleh Prof. Dr. Laode M. Kamaluddin, sebagai Ketua Dewan Juri, proses penjurian juga melibatkan sejumlah praktisi dan pakar TIK nasional dari berbagai Asosiasi.

Menurut Laode, metode penilaian yang digunakan dalam event TOP IT & TELCO 2015 ini, tergolong paling komplit dan komprehensif, dibanding dengan award-award ICT lainnya di Indonesia. Ada tiga metode yang digunakan, yakni (a) pengisian kuesioner dan wawancara penjurian, (b) survey solusi bisnis yang paling direkomendasikan user, dan (c) market research di beberapa kota besar di Indonesia.

Bagaimana event ini bisa “Menantang Asean Economic Community”? Laode menjelaskan. Pertama, event ini menciptakan suasana kompetisi untuk meningkatkan keberhasilan implementasi TIK di perusahaan.
Kedua, TOP IT & TELCO, juga menghasilkan hasil riset solusi-solusi bisnis yang paling direkomendasikan oleh banyak perusahaan di Indonesia. Solusi bisnis, baik dari vendor global maupun karya anak bangsa ini, dapat menjadi referensi bagi perusahaan-perusahan lain.

Ketiga, melalui kegiatan ini, vendor-vendor solusi bisnis, akan makin terpacu untuk memberikan layanan terbaiknya bagi perusahaan-perusahaan di Indonesia. Dan keempat, event kompetisi ini akan memacu semangat di internal perusahaan, untuk terus meningkatkan upaya dan komitmennya dalam hal pemanfaatan TIK.

Keberhasilan implementasi dan pemanfaatan TIK di perusahaan, tambah Laode, akan mendorong terciptanya pengelolaan bisnis, menjadi lebih efisien, efektif, profesional, dan berdaya saing tinggi.
“Agar tetap survive dan menjadi leading di era pasar bebas saat ini, perusahaan-perusahaan di Indonesia harus memiliki daya saing global. Tanpa mengimplementasikan TIK dan Telco yang baik, rasanya sulit bagi sebuah perusahaan, untuk memiliki daya saing global. Event ini juga menghasilkan TOP Business Solutions, yakni Solusi bisnis yang paling direkomendasikan oleh banyak perusahaan di Indonesia,” ujar Laode.

Dia juga menambahkan, dengan semakin tingginya keberhasilan implementasi Business Solutions, maka kita makin siap menantang persaingan bisnis di era Asean Economic Community (AEC) pada2016 nanti.
Berangkat dari kenyataan dan tuntutan tersebut, maka penyelenggaraan TOP IT & TELCO 2015 ini, menjadi semakin relevan dengan arah kebijakan pembangunan nasional yang mendorong berkembangnya ekonomi digital di Indonesia, tegas Prof Dr. Kalamullah Ramli – Direktur Jenderal Pos dan Penyelenggaraan Informatika (PPI) Kementerian Komunikasi dan Informatika RI. TIK harus berada di barisan terdepan dalam mendorong pembangunan nasional, termasuk meningkatkan daya saing bisnis dan ekonomi Indonesia.

“Kegiatan Top IT & Telco 2015 ini, juga merupakan salah satu aktivitas yang sangat penting, untuk bersama-sama membangun komitmen dalam hal implementasi dan pemanfaatan TIK, guna membangun daya saing global, dalam menghadapi era pasar bebas, termasuk dalam menghadapi era Asean Economy Community (AEC) pada akhir tahun 2015,” ucap M Lutfi Handayani, Ketua Penyelenggara yang juga Pemimpin Redaksi majalah Itech.

Sebelum acara penganugerahan, diselenggarakan ICT Panel Discussion yang mengulas topik “trend & strategic Business Solutions in AEC”. Dengan dipandu oleh Goenawan Loekito selaku moderator, beberapa pembicara top dari SAP, Microsoft, IBM, Telkomsigma dan Trendmicro, saling menjelaskan pandangan mereka terhadap tren business solution di era AEC.

Pada ajang Top IT & Telco 2015 ini, sejumlah pemenang dikelompokkan dalam beberapa kategori, antara lain Top IT – Corporate Best Practice 2015, Top IT hardware 2015, Top Gadget 2015, Top Telco 2015, dan kategori Top Business Solution 2015. Selain itu, pada ajang ini penyelenggara juga memberikan penghargaan kepada 10 CEO untuk kategori Top ICT Leadership 2015, yakni CEO PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) Tbk, CEO PT Pertamina (Persero), CEO PT Federal International Finance (FIF), CEO PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, CEO PT Citilink Indonesia, CEO PT D’COST Restaurant Seafood, CEO PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk, CEO PT Asuransi Jiwasraya (Persero) dan CEO PT Asuransi Jasa Indonesia (Persero)