Harbolnas Hadirkan 140 E-commerce di Tanah Air

0
584

Jakarta, KomIT – Indonesia memiliki potensi yang luar biasa untuk menjadi negara dengan industri e-commerce terbesar di Asia Tenggara. Hal ini tampak dari terus meningkatnya jumlah pelaku e-commerce di Indonesia.

“Kemajuan industri e-commerce tanah air hanya dapat dicapai dengan adanya kerja sama dari berbagai pihak, mulai dari pelaku e-commerce itu sendiri, berbagai perusahaan yang dapat mendukung perkembangan ekosistem seperti bank dan perusahaan telekomunikasi, hingga pemerintah. Disinilah peran Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) untuk merangkul semua pihak untuk bahu membahu mengembangkan industri e-commerce di Indonesia,” jelas Indra Yonathan, SVP Strategic Marketing Partnership, Lazada Indonesia, selaku ketua dari Hari Belanja Online Nasional 2015.

Dalam kegiatan Harbolnas ini, diikuti 140 e-commerce di tanah air dan berlangsung mulai 10-12 Desember 2015. Memiliki visi bersama untuk menghadirkan pengalaman belanja online terbaik untuk seluruh konsumen di Indonesia, Hari Belanja Online Nasional didukung oleh beberapa perusahaan dari berbagai industri seperti Telkomsel, Bank Mandiri, BCA, Baidu, Sodexo, Shopback, Doku, Veritrans. Terus meningkatnya minat konsumen Indonesia untuk belanja online, menjadikan Hari Belanja Online Nasional tahun ini diselenggarakan selama tiga hari, berbeda dengan pelaksanaan Hari Belanja Online Nasional selama tiga tahun terakhir yang hanya diselenggarakan dalam satu hari.

Hari Belanja Online Nasional pertama kali diselenggarakan pada tahun 2012, dicetuskan oleh Lazada Indonesia dan diselenggarakan bersama dengan Zalora, Berrybenka, PinkEmma, Bilna, Traveloka dan Luxola. Jumlah partisipan setiap tahunnya terus meningkat, dengan 22 e-commerce berpartisipasi pada tahun 2013 dan 78 e-commerce pada tahun 2014. Tahun ini, selama tiga hari penuh, 140 e-commerce akan memberikan diskon hingga 90% dengan nilai total diskon diperkirakan mencapai 120 miliar rupiah.

Salah satu tantangan utama yang dihadapi dalam penyelenggaraan Hari Belanja Online Nasional tahun ini adalah memastikan bahwa seluruh e-commerce yang berpartisipasi memiliki kesiapan untuk menampung lonjakan jumlah kunjungan dan pesanan yang akan diterima selama tiga hari. Untuk itu serangkaian workshop dengan tema untuk membahas berbagai topik, mulai dari strategi bisnis, marketing, teknologi, metode pembayaran, hingga logistik, telah diselenggarakan pada tanggal 2 dan 3 Desember 2015, yang diikuti oleh kurang lebih 200 peserta.

Industri e-commerce tanah air juga diharapkan semakin berkembang pesat dengan semakin meningkatnya penetrasi internet melalui akses perangkat bergerak yang didukung oleh perusahaan operator telekomunikasi. Telkomsel melanjutkan dukungannya terhadap Hari Belanja Online Nasional 2015 dengan memberikan keuntungan berupa diskon hingga 90% dan tambahan voucher total jutaan rupiah bagi seluruh pelanggannya. Pelanggan Telkomsel hanya cukup menukarkan 12 Telkomsel POIN di *700*12# atau www.telkomsel.com/1212 untuk mendapatkan penawaran spesial ini di tanggal 10 – 12 Desember 2015.

“Respon positif masyarakat Indonesia terhadap Hari Belanja Online Nasional 2014 menjadi bukti betapa besarnya potensi e-commerce di Indonesia. Kami sangat bangga dapat menjadi perusahaan telekomunikasi yang terus mendukung diselenggarakannya Hari Belanja Online Nasional. E-commerce telah menjadi bagian dari masyarakat Indonesia dan kami mendukung kegiatan ini dengan memastikan pelanggan akan mendapatkan pengalaman menggunakan internet terbaik dengan jaringan internet Telkomsel,” tutur Kristin T. Rosa, General Manager Loyalty & Merchant Partnership Telkomsel.

Panitia Hari Belanja Online Nasional telah mempersiapkan website, www.harbolnas.com, yang dapat dikunjungi mulai hari ini, dalam menghadirkan informasi terkait pilihan e-commerce beserta dengan ragam penawaran menarik yang dihadirkan hasil kerja sama dengan berbagai perusahaan yang mendukung berlangsungnya kegiatan ini. Hal ini dilakukan untuk memudahkan masyarakat Indonesia dalam mengetahui e-commerce yang berpartisipasi dalam kegiatan ini. (red/ju)