Ruangguru.com Peroleh Investasi Tujuh Digit Putaran Seri A dari Venturra

0
659

Jakarta, KomIT – Ruangguru.com mengumumkan penerimaan dukungan investasi tujuh digit dolar AS pada putaran Seri A yang dipimpin oleh Venturra Capital. East Ventures juga turut serta dalam pendanaan putaran ini, setelah dukungan pendanaan awalnya kepada Ruangguru.com pada Agustus 2014 yang lalu. Dukungan investasi ini akan digunakan oleh Ruangguru.com untuk meningkatkan jumlah dan kualitas sumber daya manusia serta diversifikasi layanan.

Ruangguru.com berambisi untuk menjadi penyedia layanan pendidikan berbasis teknologi terbesar di kawasan Asia Tenggara, dengan fokus untuk memungkinkan akses terhadap guru dan materi pembelajaran berkualitas. Sejak didirikan pada April 2014, Ruangguru.com telah menjadi wadah bagi lebih dari 22.000 pengajar untuk terhubung dengan para pelajar di Indonesia, dengan menawarkan berbagai mata pelajaran – mulai dari pelajaran sekolah, persiapan tes tersandardisasi, bahasa asing, musik, olahraga dan sebagainya. Ruangguru.com dikenal dengan para pengajarnya yang berkualitas tinggi, yang terdiri atas para mahasiswa berprestasi dari berbagai universitas ternama, guru-guru berpengalaman, serta profesional dengan rekam jejak yang memadai.

Pada tahun ini, Ruangguru.com melebarkan sayapnya ke layanan platform persiapan tes secara online – dikenal sebagai tes.ruangguru.com. Layanan tersebut memungkinkan para pelajar untuk mengakses ribuan bank soal yang disesuaikan dengan kurikulum pendidikan nasional secara gratis. Platform ini juga menyediakan analisis data untuk membantu para pelajar memahami rekam perkembangan belajar mereka, sehingga siswa dapat lebih fokus pada bidang yang mereka rasa masih lemah.

Platform tes.ruangguru.com telah menarik perhatian pemerintah, terbukti dari proyek resmi pertamanya bersama Dinas Pendidikan DKI Jakarta untuk membantu para guru sekolah negeri dan swasta di Jakarta mempersiapkan diri mengikuti Uji Kompetensi Guru (UKG) 2015. Selain itu, tes.ruangguru.com juga akan terus berkembang melalui kerja sama dengan universitas-universitas unggulan di Indonesia. Sebagai contoh, Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia baru-baru ini memutuskan bekerja sama dengan tes.ruangguru.com untuk melaksanakan tes tryout online untuk ujian masuk universitas secara nasional.

“Kami sangat senang dapat bekerja sama dengan Venturra Capital sebagai investor baru kami,” kata Iman Usman, CEO dan Co-Founder Ruangguru.com. “Afiliasi Venturra dengan Lippo Group sangat menguntungkan bagi kami karena membuka peluang rencana kerja sama strategis dengan sejumlah bisnis besar Lippo Group, seperti berbagai institusi pendidikan Pelita Harapan, Berita Satu Media Group, dan masih banyak lagi – yang akan bermanfaat untuk meningkatkan jangkauan kami secara nasional dan mengokohkan peran kami di sektor pendidikan”.

Adamas Belva, Co-Founder Ruangguru.com menambahkan, “Kami belajar banyak dari John Riady, Rudy Ramawy, dan Stefan Jung sebagai sosok pemimpin teknologi yang kami sangat hormati. Kami juga berterima kasih kepada East Ventures atas tambahan kepercayaannya kepada kami. Willson telah sangat membantu kami untuk berkembang hingga saat ini.”

“Kami percaya bahwa Ruangguru.com akan menciptakan pengaruh positif yang signifikan bagi sektor pendidikan di Indonesia. Belva dan Iman memiliki passion dan dedikasi yang tinggi, dan kami yakin bahwa mereka memiliki potensi yang besar untuk mendominasi pasar pendidikan online di Indonesia,” ujar Rudy Ramawy, Managing Partner Venturra Capital.

“Sektor pendidikan di Indonesia belum optimal meskipun sebenarnya memiliki potensi yang sangat besar. Investasi yang dilakukan oleh Venturra pada Ruangguru.com memvalidasi kesempatan ini. Dengan dukungan Venturra, saya sangat yakin Iman dan Belva akan memimpin dalam bidang tersebut,” kata Willson Cuaca, Managing Partner East Ventures.

Untuk menciptakan pengalaman yang semakin baik dan seragam bagi para pelajar, Ruangguru.com baru saja meluncurkan program pengembangan tutor bernama “Guru Hebat”. Hal ini diharapkan akan semakin membedakan nilai tambah Ruangguru.com dibandingkan berbagai penyedia layanan pengajaran offline lainnya. Saat ini program tersebut telah dilaksanakan di DKI Jakarta dan rencananya akan diperkenalkan di kota-kota besar lain di Indonesia dalam beberapa bulan kedepan.

Ruangguru.com berhasil memperoleh penghargaan Situs Pendidikan Terbaik Indonesia dari Bubu Award 2015. Ruangguru.com didirikan oleh Adamas Belva (Belva, 25 tahun) dan Iman Usman (Iman, 24 tahun). Belva sebelumnya bekerja di Goldman Sachs di Singapura, Kantor Kepresidenan Republik Indonesia, dan McKinsey & Company di Jakarta sebelum akhirnya menjalani studi Magister ganda di Stanford University (MBA) dan Harvard University (MPA). Sementara itu, Iman memperoleh gelar Magister di bidang Education Development di Columbia University dan merupakan penerima berbagai penghargaan internasional untuk karya dan upayanya dalam bidang pendidikan dan pengembangan pemuda sejak dulu hingga saat ini – termasuk dari UNICEF, Qatar Foundation dan British Council. Sebelumnya, Iman bekerja selama beberapa tahun dalam bidang non-profit dan pembangunan di Jakarta dan New York.