Kemenristekdikti Tetapkan 10 Pusat Unggulan Iptek 2015

0
3107

Jakarta, KomIT – Kemenristekdikti menetapkan 10 lembaga litbang ditetapkan menjadi pusat unggulan iptek (PUI) baru tahun 2015. Dengan demikian, sejak tahun 2011 hingga 2015, Indonesia sudah memiliki 19 PUI. Sepuluh PUI yang ditetapkan itu yaitu Pusat Penelitian Surfaktan dan Bioenergi Institut Pertanian Bogor, Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Pascapanen Kementerian Pertanian, Balai Besar Penelitian Tanaman Padi Kementerian Pertanian, Pusat Penelitian Teh dan Kina PT Riset Perkebunan Nusantara, Pusat Mikroelektronika Institut Teknologi Bandung, serta Pusat Aplikasi Isotop dan Radiasi Badan Tenaga Nuklir Nasional.

Selain itu, Pusat Studi Satwa Primata Institut Pertanian Bogor, Balai Besar Penelitian Veteriner Kementerian Pertanian, Konsorsium Riset Pengelolaan Hutan Tropis Berkelanjutan Universitas Lambung Mangkurat dan Lembaga Biologi Molekuler Eijkman.

Menristekdikti Mohamad Nasir meminta riset yang dilakukan lembaga litbang, perguruan tinggi, lembaga pemerintah non kementerian semua harus dihilirisasi. Hilirisasi bisa dilakukan jika ada inovasi. “Saat ini inovasi yang diunggulkan ada 27 yang disiapkan ke depan. Sekarang PUI ada 19, dari inovasi-inovasi itu terutama perguruan tinggi harus menghasilkan doktor tiap tahun, publikasi dan produk inovasi yang dihilirisasi. Selama ini kita lepas dan lupa lakukan itu,” katanya di sela-sela acara Innovation Business Gathering di Jakarta, Selasa (15/12).

Mohamad Nasir melanjutkan kedepan harus pula ada kluster inovasi, utamanya di 7 bidang yakni pangan dan pertanian, kesehatan dan obat-obatan, bidang informasi telekomunikasi, transportasi, material maju, pertahanan dan ennergi terbarukan. Samping itu perlu pula di bidang maritim, sosial humaniora, kebencanaaan serta analisis kebijakan. (red)