Uji Kompetisi SMKN 6 Pandeglang oleh Micronics wakili industri TIK

0
1791

Jakarta, KomIT- Seusai tandatangan naskah kerjasama di kantor Micronics, Dr. Rudi Rusdiah, CEO Micronics dengan Drs H Jumhana, Kepala SMKN 6 Pandeglang minggu lalu, Tim Micronics Group berkunjung ke SMKN untuk mengecek persiapan ujian kompetensi Keahlian baik Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) oleh Mikael, Winston dan Arifin, maupun Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) oleh Winarto FX dan Kasmirus untuk siswa tahun ajaran 2015/2016 minggu depan.

Persiapan ini perlu dilakukan mengingat ada 45 murid yang harus diuji dibagi dalam 3 kelompok menyesuaikan jumlah peralatan komputer di lab sekolah SMKN6, sehingga setiap individu dalam setiap kelompok dapat memperagakan kompetensinya baik RPL maupun TKJ selama waktu ujian 3 hari penuh dari pagi jam 8.00 hingga jam 17:00. Tim Micronics Group pun dibagi menjadi 2 kelompok masing masing 2 penguji sebagai penguji eksternal mendampingi penguji Internal sekolahan mengikuti aturan dan standar BSNP (Badan Standar Nasional Pendidikan) yang sebelumnya memeriksa kompetensi baik tim Micronics maupun kesiapan sarana dan prasarana ujian termasuk komputer, peralatan hardware, network dan software.

PT Micronics Internusa fokus pada uji kompentensi dibidang TIK, sedangkan bidang Pemasaran dan otomotif oleh perusahaan yang kompetensi dibidang Pemasaran dan Otomotif seperti Astra group. Uji kompetensi TKJ misalnya meliputi bagaimana memasang jaringan UTP dari menyiapkan kabel, switch/hub nya, PC clients dan Servernya. Setelah itu Switch dan DNS, Proxy dan masing masing IP harus di set agar nantinya bisa digunakan untuk mengakses Internet misalnya dari internal jaringan LAN sebuah perusahaan. Tentu juga harus konfigurasi Router Mikrotik agar dapat menjadi Firewall dan Proxy untuk membatasi jaringan Internet yang vulnerable dan terbuka dengan jaringan internal LAN yang tidak mudah di kompromised oleh hacker dari luar.

Pada ujian kompetensi RPL termasuk membuat Webserver Apache dengan merancang Webpage menggunakan programming langguage yang sudah ditentukan dan design grafis menggunakan Photoshop dan produk Adobe lainnya.Memang hubungan industri dan akademis harus erat dan saling menunjang agar lulusan SMKN 6 dapat langsung bekerja di industrinya setelah lulus dan siap pakai, oleh karena itu Micronics Group mewakili industri TIK diharapkan dapat menguji kompetensi siswa SMK ini.

Micronics Group pada akhir 2016 membangun dua portal Internet terdiri dari ShopITe.ID sebagai portal belanja online peralatan Enterprise IT di Indonesia baik bagi procurement pemerintah maupun swasta dan KomITe.ID portal berita promosi kegiatan TIK dari masyarakat Telematika. Corporate customer Micronics seperti mini market Indomaret yang tersebar di seluruh Jawa Bali juga banyak memanfaatkan lulusan SMK baik untuk kasir dari kompetensi marketing dan tenaga operator komputernya dari jurusan teknik komputer, jaringan dan rekayasa piranti lunak. SMKN terletak dipinggir sawah dikecamatan Sobang, agak dipedalaman jalan lama menuju Pulau Umang dan Ujung Kulon tidak jauh dari PLTU di Pantai Labuhan Panimbang Kabupaten Pandeglang Propinsi Banten (rrusdiah@yahoo.com).