Bukalapak Mengajak UKM Manfaatkan E-commerce

0
738

Jakarta, KomIT – Perkembangan teknologi informasi yang begitu pesat semakin mendorong banyaknya market place yang menandakan era e-commerce atau perdagangan secara elektronik tak bisa lagi dihindari. Bagi para pelaku usaha, jelas ini menjadi peluang tersendiri mengingat pengguna internet di Indonesia juga begitu besar.

Dalam dunia usaha, dengan semakin mudahnya memiki ponsel pintar, semakin banyak pula kelompok masyarakat menggunakan internet untuk berbelanja. Kelompok masyarakat ini yakni Youth (kaum muda), Woman (wanita), dan Netizen. Netizen adalah citizen yang memiliki nama, alamat dan komunitas yang dapat berinteraksi tanpa dibatasi jarak dan tempat tinggal.

“Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (LLP-KUKM) Kementerian Koperasi UKM mendorong KUKM mitra memanfaatkan teknologi digital. Di era kemajuan teknologi informasi ini, pelaku koperasi dan UKM harus memanfaatkan teknologi sebagai bagian dari strategi pemasaran,” ujar Dirut LLP-KUKM Ahmad Zabadi, dalam Temu Mitra KUKM di Bandung, baru-baru ini.

Zabadi menegaskan, para pelaku koperasi UKM jangan mengabaikan perkembangan yang terjadi. Jadikan kelompok masyarakat tersebut sebagai bagian dari bisnis. Para pelaku koperasi dan UKM dapat menjadikan mereka sebagai target market atau memperbaharui model bisnis dan melibatkan Youth, Woman dan Netizen. “Para pelaku usaha yang mengabaikan kondisi tersebut dipastikan akan kehilangan pasar,” tegasnya dalam kegiatan yang menghadirkan narasumber yang ahli di bidang desain, ekspor, dan e-commerce.

Sementara itu, Tri Bagus Subekti, Head of Sales Bukalapak mengatakan pihaknya mengajak UKM Indonesia berjualan di Bukalapak. Dengan beragam fitur yang ada, UKM mampu memanfaatkan market place yang sudah ada sebagai toko milik para UKM. “e-Commerce harus dimanfaatkan dengan baik oleh pelaku usaha kecil di Indonesia,” paparnya. (red)