Solusi Hyperconverged Kurangi biaya Opex & Capex

0
3540

Jakarta, KomIT – Data dari IDC menyebutkan perusahaan-perusahaan menghabiskan sekitar 70-80 persen dari budget IT tahunan mereka hanya untuk menjaga sistem tetap berjalan. Melihat kondisi tersebut, kedua perusahaan yakni Lenovo bersama Nutanix merilis keluarga hyperconverged appliances baru yang dibangun dari sistem enterprise Lenovo, yang diperkuat oleh software dari Nutanix.

Hyperconverged adalah penyatuan semua sumberdaya data center: server dan storage. Solusi tersebut menyatukan storage, server dan layanan virtualisasi ke dalam sebuah appliance berbasis x86 dari Lenovo yang bisa diterapkan secara scale-out. Dengan integrasi ini, kerumitan data center bisa teratasi dan pada akhirnya bisa menghemat pengeluaran IT. Solusi tersebut memudahkan konsumennya membangun infrastruktur data center secara cepat dan hemat biaya.

Menurut Daniel Tan, Alliance Director Enterprise Business Group Lenovo Asia Pacific, maanfaat yang didapatkan pengguna, karena Lenovo mewarisi tekologi dari IBM dan didukung software terbaik dari Nutanix, hypercoveraged mengurangi pengeluaran karena tidak menggunakan mesin yang besar.
Idenya adalah menyederhanakan. Kata kuncinya adalah simplicity (kesederhanaan), cost reduction (pengurangan biaya) reduction dan realibility (dapat diandalkan).

“Solusi yang ditawarkan tersebut juga disokong oleh teknologi terkini dari Intel yang mampu mendukung berbagai jenis beban kerja, termasuk enterprise application, database, virtualized desktop, dan big data analytics dengan efisiensi dan skalabilitas tinggi,” katanya dalam media roundtable “Bringing Invisible Infrastructure to Datacenters Around the World” di Jakarta, (24/2).

Sementara itu Pun Kok Lim, Managing Director of Sales Nutanix untuk ASEAN, mengatakan solusi hyperconverged yang mereka tawarkan bersifat simple namun tanpa mengurangi kelebihan perangkat. “Desainya simpel berbentuk compact, jadi kalau misalkan ada bencana seperti gempa bumi atau banjir, maka memindahkanya sangat mudah. Jadi disaster recovery dengan solusi ini lebih muda. Disamping itu penggunaan solusi ini akan mampu menekan biaya belanja modal, misalkan cara tradisional biasanya menuntut perusahaan melakuka pembelanjaan dengan sistem borongan, tapi tau-tau setahun kemudian teknologi berubah. Hyperconverged bisa mengatasi hal ini,karena perusahaan bisa melakukan adopsi teknologi terbaru tanpa mengganti sistem yang sudah ada,” tutupnya.

masih menurut Daniel tan, Lenovo mampu memberikan perspektif baru di ranah enterprise global. Kami tidak terperangkap dalam cara berpikir lama. Kami mampu membangun bisnis berdasarkan inovasi dan bermitra secara bebas dengan perusahaan yang paling inovatif di bidang hyperconvergence ini untuk menciptakan solusi-solusi baru. Teknologi Nutanix yang menguasai 52% pangsa pasar dan merupakan pakar di bidang hyperconverged dan dipadukan dengan jangkauan global Lenovo akan mendorong maju kedua perusahaan dengan cara membantu konsumen mengurangi kompleksitas data center dalam berbagai ukuran.

Ditambahkan, Pk Lim, Hypercoveraged menyasar industri apa pun yang membutuhkan virtualisasi. Sedankan performa hyperconverged dibutuhkan untuk laporan yang biasa dilakukan 8 jam kini dapat dilakukan hanya dalam 10 menit. Mengingat hardware berbentuk box dan tidak banyak komponen yang dipasang, maka ketika terjadi bencana pengguna dapat dengan memudah membawanya. Tidak hanya itu, Nutanix juga melengkapi solusi tersebut dengan software yang mampu melakukan replikasi secara real time dan tersinkronisasi data data yang penting akan di periaoritaskan. (red)