Pemerintah Harus Lakukan Transformasi Digital

0
1346

Jakarta, KomIT – Seiring dengan perkembangan teknologi, sektor pemerintah maupun swasta harus menempatkan transformasi digital sebagai strategi utama untuk memberikan layanan . Di era transformasi digital peran dan kontribusi CIO begitu penting dalam hal mengadopsi teknologi untuk meningkatkan pelayanan secara lebih baik dan efisien.

“Saat ini dalam mengembangkan transformasi digital diperlukan kolaborasi dengan berbagai pihak untuk meningkatkan kemampuan dalam tata kelola transformasi digital ini,” ujar Hammam Riza, Deputi Kepala BPPT Bidang Teknologi Informasi, Energi dan Material (TIEM), disela EU ASEAN CIO Forum bertema Building the Digital Platform-Exchanging on ASEAN and EU Best Practices and Fostering Toward Enhanced Collaboration di Jakarta, (2/3).

Di sektor swasta, pola pikirnya sudah digital dimana perusahaan memang harus berubah menjadi perusahaan digital, karena kalau tidak akan tergusur. Namun sayang di pemerintahan masih ketinggalan karena pemerintah masih belum menghayati pentingnya transformasikan seluruh birokrasi pemerintahan ke era digital. Kalao kita bicara reformasi birokrasi harus berbasis ICT,” tambahnya. Memang diakui, di pemerintahan, banyak proses birokrasi yang mengalami proses digital transformasi. Contohnya sudah tiga tahun Indonesia mengubah proses pengadaannya melalui e-procurement. Begitu juga dengan penerimaan CPNS, sampai pada evaluasi kinerja, proses perencanaan. Proses birokrasi semuanya dilakukan secara digital.

Sementara itu, Ms. Svetlana Klesova, Project Coordinator Connect2Sea, Perancis, mengharapkan dengan adanya EU-ASEAN CIO Forum ini, bisa mendorong organisasi maupun perusahaan untuk meningkatkan tata kelola transformasi digital, melalui pertukaran informasi dari para ahli dari negara-negara Asean dan EU ini bisa terbangun pola kerjasama dalam meningkatkan transfornasi digital.

Hal senada dikatakan Budi Yuwono dari Sekretariat ASEAN mengatakan proses transformasi digital memerlukan katalis dari sisi pemberi suplai layanan IT maupun pengguna. EU-ASEAN CIO Forum berperan menjembatani supply dan demand. Forum ini menjadi ajang bertukar pengalaman dan mengadopsi teknologi termasuk dari sisi sekuriti, ketepatgunaan, serta tata kelola pertanggungjawaban dari pimpinan terhadap penggunaan sumber daya IT. (redju)