ZTE Luncurkan Solusi Cloud Datacentre berbasis SDN

0
813

Jakarta, KomIT – ZTE, penyedia solusi telekomunikasi, enterprise dan teknologi konsumen terkemuka untuk internet mobile, meeluncuran solusi cloud datacentre berbasis SDN milik mereka, yaitu ZTE uSmartDC. ZTE menyadari bahwa dalam era konvergensi cloud/internet, datacentre virtual akan menjadi sangat penting bagi transformasi para operator besar di dunia. Hal itu merupakan inti dari arsitektur jaringan di masa depan, inti carrier dan wadah dari layanan ICT.

Solusi cloud datacentre ZTE uSmartDC menyediakan SDN controller yang mutakhir dan dapat diprogram untuk mendukung tampilan protokol southbound/northbound yang kaya dan menyediakan pengaturan terpadu untuk tombol OpenFlow dan tombol non-OpenFlow. uSmartDC SDN controller dapat disesuaikan dengan teknologi jaringan yang berlapis, untuk mendukung penemuan topologi otomatis di bawah mode jaringan berlapis untuk memenuhi permintaan-permintaan konsumen yang berbeda untuk skala jaringan dan rasio kinerja berbiaya tinggi.

Selain itu, Solusi cloud datacentre ZTE uSmartDC memungkinkan pelanggan untuk mengkonfigurasi kualitas layanan dari sumber daya layanannya. Pada waktu mencapai beban tertinggi, sistem tersebut akan secara otomatis menyesuaikan pengalokasian sumber daya untuk layanan demi menjamin layanan kunci SLAs (service level agreement). Pada era komputasi cloud, sangat penting memiliki kemampuan memperbaiki secara otomatis pada saat terjadi kegagalan layanan.

Solusi cloud datacentre ZTE uSmartDC mendukung persiapan rangkaian server dan mengkonfigurasi kebijakan yang sesuai untuk memonitor status layanannya, mengganti kerusakan secara otomatis dengan adanya kemampuan memperbaiki secara otomatis untuk memastikan kualitas layanan yang tinggi, dan mewujudkan pengoperasian dan pemeliharaan secara otomatis.

Mr. Lu Ping, Vice President ZTE mengatakan, “Solusi cloud datacentre ZTE uSmartDC dapat membantu para operator untuk menerapkan arsitektur aplikasi yang mirip dengan internet. Solusi ini juga dapat mendukung dan menyediakan beberapa datacentre yang aktif untuk mewujudkan mode-mode dan arsitektur inovatif yang mirip dengan Internet Gated Launch, dan menjalankan proyek percobaan inovatif untuk mencoba layanan-layanan baru.”

Berdasarkan teknologi sebelum pemasangan, solusi tersebut dapat secara otomatis menemukan perangkat keras TI yang sudah ada untuk perusahaan tersebut, membantu pengembangan menyeluruh serta pengoperasian dan pemeliharaan. Solusi tersebut juga dapat diterapkan dengan cepat dan otomatis dalam beberapa datacentre untuk mewujudkan aplikasi online dari layanan dan mengurangi waktu ke pasar sehingga dapat mendukung operator meningkatkan saham mereka. “Saat ini, ZTE dapat mengurangi waktu penerapan layanan lapisan atas dari beberapa bulan menjadi beberapa jam saja,” kata Mr. Lu Ping melanjutkan.

Solusi ZTE tersebut berbasis pada platform OpenStack. Solusi ini menyediakan platform komputasi cloud yang paling komprehensif dan mudah disesuaikan, mendukung manajemen terpadu dari beberapa datacentre untuk menyediakan pengalaman yang koheren. Solusi tersebut mendukung lingkungan dengan public cloud, private cloud, dan hybrid cloud, yang dapat disesuaikan dengan sekelompok sumber daya virtual umum yang mendukung operator dengan manajemen yang fleksibel dan terpadu.

ZTE menyediakan solusi cloud datacentre uSmartDC yang berbasis SDN untuk memungkinkan para operator membangun berbagai private cloud virtual berbasis atribut. Fasilitas ini mendukung operator dalam mengembangkan layanan berbasis NFV yang dapat berkembang untuk menyediakan layanan jaringan untuk pemerintah dan perusahaan secara serentak demi konvergensi ICT utama,” ucap Zhu Jinyu, SVP ZTE. (red/ju)