F5 : Trend Software Define Network di era Clouds & Mobile-commerce

0
1771

Jakarta, KomIT – Memasuki era Digital Economy, Ecommerce dan Social Media Big Data Analytics, F5 Networks menyediakan solusi ekosistem aplikasi dalam penerapan majoritas di Cloud, Data Center, Telekomunikasi dan Perbankan mengikuti perkembangan dan trend Software Defined Networking (SDN).

Demikian diungkapkan Fetra Syahbana, Country Manager, F5 Networks Indonesia kepada editor portal dan majalah Komite.id di Hotel Kempisky minggu lalu. Menurut dia, fokus pada Applications Availability memanfaatkan Layer 7 dari OSI Layer Stack; Data Center Security dan Cloud Computing, meskipun Komite.id lebih mengenal F5 sebagai bagian dari load balancing dari Server Korporasi yang memiliki trafik tinggi dan harus menjaga availability untuk melayani pelanggannya 7/24.

Sebelum bergabung dengan F5, Fetra lulusan Institut Teknologi Bandung, telah bekerja cukup lama di IBM hampir dua dekade dan perusahaan mainframe dan storage seperti Fujitsu serta pengalaman sebagai insinyur aplikasi IT dan menulis buku sistem operasi Unix dan programming script.

Menurut Fetra, dengan platform Big-IP, F5 mendukung terhadap sistem converged dan hyperconverged untuk konsolidasi network infrastrukturnya melalui kemitraan dengan Nutanix dan SimliVity. Big IP 12.0 yang baru dirilis memberikan peningkatan kerja pada layanan Hybrid Application Service, Application Security Features, dan penerapan Cloud seperti Microsoft Azure Market Place. Solusi F5 memberikan fleksibilitas dalam menerapkan berbagai model seperti Public; Private; Hybrid Clouds atau Software Defined Data Center. F5 juga bermitra dengan banyak pemain besar IT seperti HP, Nuage Network menghadirkan Network Function Virtualization Proof of Concept bersertifikat ETSI.

Meningkatnya momentum teknologi cloud terutama di industri telekomunikasi, perbankan dan ecommerce, membuat keamanan dan availability menjadi prioritas utama perusahaan. Kebanyakan perusahaan menawarkan sekedar ‘Anti-Virus’ dan Network Firewall (72%). Kedepan DDoS protections dan layanan ‘Anti Fraud’ sebagai tambahan layanan Application as a Service menjadi penting, baik untuk client, inbound request maupun outbound traffic.

F5 bekerjasama dengan FireEyes memberikan solusi pengamanan terintegrasi, yang fokus pada management keamanan untuk data aplikasi dan data center. Kapabilitas F5 Web Application FireWall (WAF) atau Security as a Service (SaaS) untuk melindungi web aplikasi, mempercepat penerapan aplikasi terutama dalam hal keamanan aplikasi. F5 banyak dimanfaatkan oleh perusahaan layanan telekomunikasi terkemuka kelas dunia dan juga lembaga keuangan kelas dunia, termasuk di Indonesia (rrusdiah@yahoo.com).