Aplikasi Grab Berikan Nilai Tambah Bagi Pengemudi & Penumpang

0
1228

Jakarta, KomIT – Msyarakat di Jakarta menganggap aplikasi pemesanan kendaraan, seperti Grab, dapat meningkatkan kehidupan mereka secara signifikan. Masyarakat Jakarta seringkali merasa khawatir dengan masalah-masalah seperti tarif yang ditetapkan sepihak atau lamanya waktu menunggu, dan aplikasi Grab dapat memecahkan masalah tersebut.

Demikian hasil studi Social Impact Study yang dilakukan oleh tim dari Program MBA University of Cambridge Judge Business School. Studi ini mengungkapkan bahwa Grab telah meningkatkan kehidupan para mitra pengemudi dan penumpangnya di Jakarta, yang sejalan dengan misi sosialnya. Grab pertama kali beroperasi pada bulan Juni tahun 2012 sebagai aplikasi pemesanan taksi dan sejak itu telah memberikan beragam pilihan transportasi seperti mobil dan ojek.

“Studi tersebut menggarisbawahi kepercayaan mitra pengemudi dan penumpang Grab untuk keandalan aplikasi Grab dan nilai tambah yang kami berikan dalam hal kualitas tumpangan dan pendapatan yang lebih baik untuk mitra pengemudi. Hal ini merupakan kabar yang sangat menggembirakan di ulang tahun yang keempat kami,” ujar Ridzki Kramadibrata, Managing Director, Grab Indonesia.

Beberapa catatan yang di dapat dari studi Social Impact Study adalah :

Baik penumpang GrabCar dan GrabBike merespon bahwa peningkatan paling utama dibanding layanan transportasi yang ada adalah Grab telah memberikan estimasi waktu dan tariff yang lebih baik, memungkinkan penumpang untuk menghindari pembayaran tarif yang terlalu mahal, memberikan layanan pelanggan yang lebih cepat dan baik serta aman untuk digunakan oleh seluruh anggota keluarga mereka.

Penumpang aplikasi layanan pemesanan mobil pribadi menilai estimasi waktu dan biaya yang lebih baik sebagai manfaat terbesar yang diberikan oleh aplikasi layanan transportasi online. Tidak adanya tarif yang ditetapkan sepihak dan waktu menunggu yang lebih singkat merupakan manfaat yang dinilai paling tinggi di posisi kedua dan ketiga.

Berdasarkan survei, estimasi waktu dan biaya yang lebih baik dan tidak adanya tarif yang ditetapkan secara sepihak merupakan faktor yang sama pentingnya oleh pengguna aplikasi pemesanan ojek. Demikian halnya dengan para mitra pengemudi dari aplikasi pemesanan kendaraan pribadi menilai kemudahan penggunaan platform Grab dan waktu kerja yang fleksibel sebagai manfaat tebesar dari penggunaan platform pemesanan kendaraan.

Mitra pengemudi GrabCar menekankan bahwa pendapatan yang lebih tinggi sebagai manfaat utama lainnya dari platform Grab. Mereka menilai bahwa semua manfaat ini memungkinkan mereka untuk mencapai tujuan hidup mereka seperti menabung untuk membeli rumah atau membayar uang sekolah anak-anak mereka. Berbeda dengan mitra pengemudi pemesanan kendaraan pribadi, para pengendara menilai bahwa mendapatkan lebih banyak penumpang merupakan manfaat yang paling penting, dan mengindikasikan bahwa Grab memiliki sistem yang lebih adil untuk mendapatkan penumpang.

GrabBike juga menandingi aplikasi ojek lain dalam hal pendapatan, kebanggaan, jumlah penumpang yang didapatkan, sistem yang lebih adil, dan pengalaman pengguna dan layanan pelanggan yang lebih baik. Studi ini juga mengungkapkan bahwa pengendara GrabBike merasa bangga menjadi bagian dari komunitas GrabBike, dan merasa lebih optimis menghadapi masa depan.

Studi Pengaruh Sosial ini dilakukan oleh tim dari Program MBA University of Cambridge Judge Business School. Ini merupakan satu contoh kecil tentang bagaimana Grab telah memegang teguh misi utamanya, dan mendorong dampak sosial yang positif bagi masyarakat. Studi ini mensurvei lebih dari 400 penumpang dan pengemudi yang menggunakan aplikasi pemesanan kendaraan yang berbeda.