RS Mitra Keluarga Karyasehat Gunakan SAP Hana

0
1011

Jakarta, Itech- SAP Indonesia bersama PT Abyor International dan T-Systems, mengimplementasi solusi dan sistem yang terintegrasi di rumah sakit PT Mitra Keluarga Karyasehat Tbk guna meningkatkan efisiensi operasional dan biaya serta meningkatkan pelayanan medis pasien.Tujuan diimplementasikannya proyek ini agar Mitra Keluarga dapat meningkatkan layanan dalam mengolah informasi pasien dan operasional secara real-time, sehingga dapat mempercepat pengambilan keputusan dan mengoptimalkan realisasi pendapatan.

Solusi kesehatan ini memungkinkan Mitra Keluarga menjalankan rumah sakit secara real-time termasuk solusi operasional dan klinis, yang meliputi manajemen keuangan, pengadaan, persediaan, dan pasien, serta penagihan dan catatan medis elektronik (Electronic Medical Records – EMR), serta solusi Cerner i.s.h.med dari SAP, pada platform SAP HANA®. SAP HANA adalah database in-memory dan platform aplikasi, yang mentransformasi kalkulasi bisnis yang panjang menjadi proses real-time.

Selain itu, solusi terintegrasi untuk SAP Electronic Medical Record and Business Process Management ini memungkinkan Mitra Keluarga mengakses data real-time pada platform tunggal, memungkinkan satu sumber data klinis, organisasi dan data keuangan pada titik perawatan, guna menjadikan interaksi terhadap pasien lebih personal. Sebuah contoh pusat EMR perusahaan kini telah tersedia pada berbagai perangkat mobile seperti tablet dan telepon pintar melalui SAP EMR Unwired.

Di Mitra Keluarga, kami berusaha untuk bekerja membantu pasien kami menerima perawatan terbaik dengan memberikan pengobatan berkualitas kepada semua pasien. Namun, hal tersebut adalah tantangan besar tanpa adanya suatu sistem informasi yang terintegrasi. “Rumah sakit kita adalah yang pertama menggunakan solusi lengkap secara end–to–end baik dari front–end maupun back–end,” tutur Ir. Rustiyan Oen MBA, Direktur Utama Mitra Keluarga kepada wartawan di Jakarta, (27/6)

Hari Tjahjono, Presiden Direktur PT Abyor International mengatakan, “Menerapkan solusi SAP for Healthcare membutuhkan pengalaman dan pengetahuan, serta pemahaman yang mendalam tentang proses bisnis rumah sakit. Kami sangat bersyukur dapat membantu Mitra Keluarga dalam menerapkan sistem informasi manajemen rumah sakit end-to-end dengan menggunakan solusi kelas dunia dari SAP. Dengan implementasi ini, kami percaya Mitra Keluarga akan mendapatkan keuntungan dari optimasi proses dalam organisasi, tidak hanya di belakang kantor tetapi juga dalam proses seputar perawatan pasien.”

“T-Systems telah menerapkan sistem informasi rumah sakit bagi lebih dari 300 rumah sakit secara global, dan akan terus ditingkatkan seperti yang kita lihat pada hari ini, lembaga kesehatan seperti Mitra Keluarga juga telah memanfaatkan keahlian kami untuk mendapatkan keamanan data pasien yang lebih unggul dan perawatan yang lebih baik melalui visibilitas real-time sepanjang proses pelayanan kesehatan end-to-end. Hal ini memungkinkan rumah sakit memiliki respon yang lebih cepat pada kebutuhan pasien dan organisasi melalui HIS yang terintegrasi secara penuh,” kata Natasha Kwan, Managing Director untuk T-Systems untuk Asia Selatan.

Sedangkan Megawaty Khie, Vice President dan Managing Director SAP Indonesia, mengatakan,”SAP dikenal karena memiliki kedalaman dan keragaman pengalaman dalam mengembangkan solusi perusahaan dibidang kesehatan dan manajemen rumah sakit, dijalankan di berbagai lokasi dengan sistem yang rumit. “Untuk proyek ini dan semua proyek lainnya, SAP melisensi perangkat lunak sementara mitra kami seperti PT Abyor International dan T-Systems bekerja untuk implementasi solusi. Kami bersama mitra kami, sangat gembira mendukung misi Mitra,” lanjutnya. (red)