Jumlah Pengguna Aktif OLX Capai 20 juta per Bulan

0
825

Jakarta, Itech- Dengan terus memberdayakan masyarakat untuk meng-upgrade diri, pertumbuhan positif pun terus di capai oleh situs iklan baris online, OLX. Pusat jual beli online terbesar di Indonesia mengumumkan pencapaian terakhir dengan 20 juta pengguna aktif perbulan dengan 1 juta pengguna aktif aplikasi android & iOS setiap harinya. Sedangkan setiap bulannya, OLX memfasilitasi 1.6 juta transaksi dengan nilai transaksi lebih dari Rp. 37 Triliun.

“Dari 20 juta pengguna aktif bulanan, 60 persennya mengakses OLX melalui aplikasi berbasis Android dan iOS. Ke depannya jumlah tersebut juga akan terus didorong agar semakin meningkat, sampai pada titik seluruh pengguna OLX memakai aplikasi,” kata Chief Executive Officer OLX, Daniel Tumiwa di sela peluncuran kampanye #BekasJadiApapun di Jakarta, (25/8). Sementara itu, Chief Marketing Officer OLX, Edward Kilian mengatakan, di awal tahun, nilai transaksi OLX rata-rata sekitar Rp 26 triliun. Tapi di Juni 2016 yang berdekatan dengan hari Lebaran, nilai transaksinya melonjak sampai Rp 37 triliun. Mayoritasnya masih didominasi produk-produk gadget dan otomotif seperti motor dan mobil.

Lebih lanjut Daniel menambahkan, e-commerce memberikan akses bagi seluruh masyarakat Indonesia untuk mendapatkan hal yang mereka butuhkan. Sayangnya, sering kali kendala yang muncul adalah keterbatasan dana yang dibutuhkan. “Hal semacam ini menjadi insipirasi kami untuk melakukan berbagai inisiatif, membuka akses bagi sebanyak mungkin masyarakat Indonesia untuk bisa maju dan meningkatkan kualitas hidup mereka.” sambungnya.

Menurut survei yang dilakukan OLX pada pertengahan tahun 2016, mayoritas responden ternyata mengumpulkan berbagai macam jenis barang untuk dijadikan modal dalam mencapai keinginan atau mimpinya. Misalnya, untuk meng-upgrade smartphone, mereka tidak hanya menjual smartphone lamanya, tetapi juga mengumpulkan barang-barang lain yang sudah tidak terpakai, seperti pakaian, sepatu, jam tangan hingga alat elektronik lainnya untuk menjadi modal tambahan. Dengan melakukan hal tersebut, mereka mendapatkan smartphone yang diinginkan dengan lebih cepat dan dengan sedikit tambahan dana yang dibutuhkan.

Di sisi lain, para pengguna OLX juga memanfaatkan jutaan barang second hand atau pre-loved yang dijual di platform OLX.co.id. Barang-barang tersebut dinilai sebagai sebuah pilihan cermat karena berkualitas dan harganya lebih terjangkau. “Banyak sekali barang second hand yang dijual di OLX merupakan keluaran terbaru, dan dijual beberapa bulan setelah peluncuran. Misalnya, Galaxy S7 32GB yang belum lama diluncurkan, saat ini sudah beredar dalam kondisi second, di OLX.co.id. Harganya mulai dari Rp6,5 juta. Ini jauh lebih murah daripada harga barunya yang mencapai Rp8,9 juta,” tambah Edward Kilian. Kejelian pengguna dalam memanfaatkan platform OLX, menjadi inspirasi OLX untuk meluncurkan kampanye #BekasJadiApapun. Kampanye ini bertujuan untuk mengajak masyarakat memanfaatkan berbagai maca barang yang tidak terpakai, untuk menjadi modal mewujudkan mimpi atau keinginannya. (red)