BCA Life Transformasikan Operasional Bisnis Perusahaan Secara Digital

0
1233

Jakarta, KomIT – Mewujudkan komitmen untuk menjadi perusahaan Asuransi Jiwa terkemuka di Indonesia, PT Asuransi Jiwa BCA (BCA Life) senantiasa melakukan inovasi produk maupun servisnya dalam memberikan pelayanan terbaik kepada nasabah. Walaupun baru beroperasi sejak Juli 2014, BCA Life telah membangun operasional bisnis dengan sistem digital di setiap lini kegiatan, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat modern terhadap informasi produk dan solusi asuransi yang dibutuhkan, salah satunya dengan mengimplementasikan solusi Budget Tracking dan E-Procurement yang dikembangkan oleh PT Ebiz Cipta Solusi.

Sejak resmi beroperasi dua tahun lalu, BCA Life memahami bahwa inovasi produk maupun servis diperlukan dalam memberikan pelayanan terbaik untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Terlebih di era digitalisasi yang saat ini tengah berkembang, kebutuhan masyarakat untuk mendapatkan informasi secara cepat dan mudah kian meningkat. Berbagai perusahaan asuransi di Indonesia kini berlomba-lomba untuk memberikan jasa terbaiknya melalui layanan berbasis internet.

Yannes Chandra, Chief Operation Officer BCA Life mengemukakan bahwa BCA Life tak hanya memberikan layanan servis nasabah secara digital, namun juga meningkatkan efisiensi operasional perusahaan dengan menghadirkan fondasi teknologi informasi terbaik, baik secara internal maupun eksternal. “Kami menyadari bahwa proses administratif perusaahan yang melibatkan proses secara manual kerap membutuhkan waktu yang lama. Sebagai perusahaan penyedia jasa asuransi, kebutuhan nasabah merupakan prioritas bagi kami. Untuk itu kami melakukan transformasi digital, tidak hanya secara eksternal, namun juga terhadap seluruh operasional perusahaan,” ungkap Yannes.

Misalnya saja dari penjualan saat ini telah menggunakan program Bless atau BCA Life Electronic Sales System, dimana proses penjualan dilakukan secara paperless menggunakan sistem teknologi yang terhubung pada Ipad. Inovasi ini terbukti dapat meningkatkan efisiensi waktu maupun mengurangi tingkat human error yang mungkin terjadi.

Penyesuaian juga telah dilakukan pada sistem komunikasi internal perusahaan. BCA Life menggunakan internet portal dengan dasar Sharepoint dan kemudahan komunikasi karyawan dengan Microsoft 365 yang dilengkapi fitur skype for business, Yammer, windows azure dan private cloud BCA Life serta sistem HRIS atau Human Resources Information System. Sedangkan untuk operasional, BCA Life mengimplementasikan Procurement to Payment System (P2P) yang dikembangkan oleh EBiz Cipta Solusi. Aplikasi ini memiliki keunggulan dalam melakukan proses pengadaan yang transparan serta mampu berintegrasi dengan sistem lainnya. Dimana hal ini merupakan bagian penting dari proses transformasi digital BCA Life.

“Sebagai pengembang, kami turut bangga menjadi bagian dari transformasi digital BCA Life. Sebagai perusahaan asuransi jiwa yang masih belia, BCA Life telah berani mengambil langkah yang signifikan dalam mentransformasikan bisnis prosesnya dengan mengimplementasikan solusi Budget Tracking dan Procurement,” kata Dedy Effendi Lingga, Direktur PT Ebiz Cipta Solusi.

Komitmen BCA Life untuk menjadi perusahaan asuransi jiwa terkemuka di Indonesia yang dikenal akan keunggulan produk dan loyalitas nasabah, terus diwujudkan melalui inovasi produk maupun peningkatan layanan operasional perusahaan yang diharapkan akan mampu memberikan servis terbaik kepada masyarakat. “Walaupun investasi teknologi memerlukan biaya cukup besar di awal, namun penggunaan teknologi digital mampu memangkas biaya operasional perusahaan secara signifikan. Dengan meminimalisasi biaya perusahaan asuransi, maka premi yang dibayarkan nasabah juga akan semakin efisien. Ke depannya kami berharap hal ini akan meningkatkan kualitas BCA Life sebagai penyedia jasa asuransi, juga menjadi stimulus untuk meningkatkan tingkat penetrasi asuransi jiwa di Indonesia,” tutup Yannes.

Solusi aplikasi Budget Tracking dan E-Procurement yang dikembangkan Ebiz untuk BCA Life ini dibangun di atas platform Microsoft Sharepoint 2016, sebuah server berbasis cloud yang menjadi sarana kolaborasi manajemen dokumen. Saat ini lebih dari 200.000 organisasi telah menggunakan SharePoint untuk berkolaborasi dan sebanyak satu juta pengembang telah membuat ekosistem solusi senilai 10 milyar USD di SharePoint 2016. “Microsoft senantiasa mendukung mitra-mitra kami dalam melakukan transformasi digital dengan menyediakan rangkaian solusi yang dapat meningkatkan produktivitas dan efisiensi bisnis, seperti Microsoft Sharepoint 2016,” ujar Mulia Dewi Karnadi, Small & Midmarket Solutions & Partners Director, Microsoft Indonesia. “SharePoint 2016 merupakan server yang dapat digunakan untuk menyimpan, menata, mengakses, dan membagikan informasi internal perusahaan secara aman. Server ini dapat diakses dari semua perangkat, sehingga memudahkan stakeholders perusahaan untuk bekerja di mana saja dan kapan saja,” lanjut Dewi.

Salah satu mitra pengembang solusi global Microsoft, atau yang biasa disebut ISV, Nintex juga banyak berkecimpung membantu perusahaan memasuki era Transformasi Digital. Solusi Nintex adalah untuk mempercepat proses implementasi workflow dan menjadikan pengguna bisnis lebih ‘agile’ karena dapat mengubah dan memperbaharui data sendiri. “Nintex turut mendukung kinerja Ebiz Cipta Solusi sebagai mitranya dalam pengembangkan solusi workflow di wilayah Indonesia. Terlebih ketika solusi yang digunakan dapat mendukung proses transformasi digital di organisasi,” kata Andy Gunawan, Territory Manager, Nintex Asia. Ebiz Cipta Solusi telah mendapatkan penghargaan “Solutions innovation Award FY16” di Asia Pacific region karena inovasi solusi dan ROI yang tinggi.

Ebiz Cipta Solusi, pembuat solusi Teknologi Informasi yang fokus pada platform ekosistem Sharepoint dan Data Management, memamerkan beragam solusi terkini pada perhelatan tahunannya, Ebiz Solution Day 2016 yang diselenggarakan di Jakarta hari ini. Bersama Microsoft dan Nintex, Ebiz memamerkan solusi Enterprise Project Management, Business Process Automation, Data Platform & Integration, dan Collaboration & Process Management. Solusi tersebut dikembangkan untuk menciptakan transformasi digital di kalangan bisnis di Indonesia yang bertujuan untuk mengoptimalkan proses bisnis dan meningkatkan produktifitas. (red)