Indosat Ooredoo & Telkomsel Peduli Korban Banjir Bandang Garut

0
703

csrtelkomsel_garut-2Jakarta, KomIT -Indosat Ooredoo menunjukkan empati dan kepeduliannya kepada pelanggan serta masyarakat yang menjadi korban banjir di Kabupaten Garut dengan mengoperasikan Mobil Klinik dan membangun posko telekomunikasi gratis. Masyarakat sekitar bisa memanfaatkan fasilitas layanan kesehatan gratis yang berlokasi di Kampung Bojong Sudika (22/9), Kampung Cimacan (23/9), dan Kampung Mekar Sari (24/9). Sedangkan di Posko Telekomunikasi, masyarakat bisa menggunakan telpon, SMS, internet, dan WiFi secara gratis untuk menghubungi sanak saudara mereka.

“Kami turut berempati atas musibah yang dialami warga Kabupaten Garut dan sekitarnya. Sebagai sahabat pelanggan, kami ingin membantu masyarakat sekitar yang terkena dampak banjir melalui layanan Mobil Klinik Indosat Ooredoo dan fasilitas telekomunikasi gratis. Semoga banjir segera surut dan warga dapat kembali beraktivitas seperti biasanya,” ujar Acting Group Head Corporate Communications Indosat Ooredoo, Thomas Purnawan Suhardja.

Indosat Ooredoo bekerja sama dengan Rumah Zakat untuk mengoperasikan Mobil Klinik yang memberikan layanan kesehatan bagi masyarakat sekitar Garut yang terkena dampak bencana banjir bandang. Sampai saat ini Indosat Ooredoo telah mengoperasikan 16 Mobil Klinik Indosat Ooredoo yang tersebar di seluruh Indonesia dan memberikan layanan kesehatan gratis sejak tahun 2007 kepada lebih dari 770.000 orang.

Sementara itu, Telkomsel juga telah menyediakan layanan telpon gratis di Posko Siaga Bencana Alam Telkomsel di Rumah Sakit Umum Garut. Executive Vice President Area Jabotabek Jabar Telkomsel Venusiana Papasi mengatakan “Pertama-tama dalam kesempatan ini Telkomsel ingin mengucapkan turut berduka cita sedalam-dalamnya kepada para korban serta keluarga atas musibah bencana alam yang menimpa sebagian wilayah kota Garut dan Sumedang. Walaupun sempat terjadi lonjakan trafik komunikasi yang cukup tinggi sesaat terjadinya bencana, saat ini kami memastikan layanan Telkomsel tetap beroperasi dengan normal dan menjamin kelancaran komunikasi pelanggan yang berada di sekitar lokasi bencana.”

Telkomsel juga telah menurunkan tim Telkomsel Emergency Response & Recovery Activity (TERRA) yang memiliki fungsi tugas membantu menyediakan kebutuhan logistik serta evakuasi korban bencana alam banjir bandang di Garut. Tim TERRA sudah dilenggapi dengan perangkat pendukung penanganan bencana seperti perahu karet, tenda posko, tenda pengungsi, tenda dapur umum, perlengkapan dapur umum, dan genset. Saat ini sejumlah bantuan kebutuhan logistik tahap awal seperti pangan (makanan dan minuman) dan sandang (pakaian anak dan dewasa) serta kebutuhan sanitasi seperti popok bayi sudah didistribusikan melalui Pusat Posko Bencana Alam di Markas Kodim 0611 Garut.

Venusiana menambahkan “Telkomsel terus bersiaga untuk memastikan berfungsinya alat-alat produksi sehingga ketersediaan dan kualitas jaringan tetap terjaga. Hal ini dilakukan agar warga yang berada di sekitar lokasi bencana, baik di Garut maupun Sumedang dapat terus berkomunikasi dan bertukar informasi kepada keluarga dan kerabatnya. Tetap terjaganya layanan telekomunikasi ini juga menjadi amat penting untuk membantu aparat dalam berkoordinasi, sehingga pertukaran informasi menjadi lancar.”

Selain memastikan kesiapan alat produksi, dari sisi ketersediaan produk dan pelayanan pelanggan, Telkomsel menjamin kebutuhan umum pelanggan seperti isi ulang pulsa dan kartu prabayar Telkomsel tetap tersedia di semua titik penjualan ritel dan layanan pelanggan GraPARI Telkomsel terdekat tetap beroperasi seperti biasa untuk melayani kebutuhan pelanggan. (red)