Kehadiran Mataharistore.com Ingin Perkuat Mataharimall.com

0
623

Jakarta, KomIT – Matahari Depatrement Store (MDS), salah satu departemen store terbesar di Indonesia baru-baru ini meluncurkan Mataharistore.com. Meski Matahari sendiri telah memiliki situs belanja online yakni Mataharimall.com, namun kehadiran Mataharistore.com dimaksudkan untuk lebih difokuskan pada produk fashion yang dijual di Matahari Department Store. Kehadiran Mataharistore.com juga tidak lepas dari campur tangan tim mataharimall.com, pasalnya tim dari mataharimall.com juga berada di balik layar dari situs online Matahari Departemen Store ini.

Kristian Kurnia, Director of Marketing Marchendaising Mataharistore.com mengatakan, GDP di Indonesia sedang meningkat dan Indonesia merupakan salah satu negara yang dapat meningkatkan GDP per kapita. “Dalam kondisi ekonomi yang sedang tertekan tetap ada opportunity di Indonesia. Meskipun perekonomian makro di Indonesia sedang berat, namun Matahari Department Store meningkat penjualannya,” ujarnya. Sampai dengan saat ini, pelanggan loyal Matahari Departemen Store sendiri sudah menyentuh angka 3.5 juta pelanggan.

Kristian melanjutkan, bahwa strategi Matahari Department Store adalah melalui Omni Channel atau Online to Offline (O2O). “Dengan channel online ini, kita akan memberikan kemudahan bagi orang-orang yang berada di Kota Jakarta dalam hal berbelanja tanpa mengalami kemacetan, sementara bagi orang-orang di luar pulau seperti Kalimantan, hadirnya O2O ini bisa memberikan kesempatan bagi mereka untuk berbelanja barang dari Matahari Departmen Store, dimana kami tidak memiliki offline store di wilayah tersebut,” tuturnya. Sekedar informasi, Matahari Department Store sendiri hanya berada di 68 kota saja, sementara permintaan pembelian di situs Mataharimall.com untuk produk dari MDS sendiri berasal dari 300 Kota Kabupaten.

Seperti diketahui, persaingan di industri e-commerce Tanah Air semakin sengit saja, apalagi sudah banyak bermunculannya platform e-commerce yang menyapa masyarakat Indonesia, mulai dari yang skala startup, hingga e-commerce yang berasal dari perusahaan besar. Namun, sebagai Director of Marketing Marchendaising, Kristian mengaku optimis kalau mataharistore.com bisa mengalahkan para pemain lama di ranah ini.

Setidaknya Kristian mengungkapkan beberapa alasan mengapa Mataharistore.com bisa berbicara banyak. Ia mengungkapkan, produk Matahari Department Store sudah sejak lama bisa diterima di semua kalangan masyarakat, kemudian Matahari juga telah memiliki pelanggan loyal yang jumlahnya lebih dari 3.5 juta pelanggan di seluruh Indonesia. Pernyataan tersebut juga diperkuat oleh statement dari Hadi Wenas selaku CEO Mataharimall.com. Ia mengungkapkan, kontribusi penjualan produk MDS di Mataharimall.com sangat besar, sehingga layak untuk diupgrade dan diberikan situs sendiri agar meningkatkan pengalaman berbelanja pengguna yang mencari produk fashion.

Wenas juga menekankan, bahwa kehadiran Mataharistore.com bukanlah menjadi lawan atau pesaing dari situs mereka, pasalnya infrastruktur yang digunakan juga merupakan infrastruktur dari Mataharimall.com. Wenas juga berujar, bagi pelanggan yang memiliki loyalty card Matahari Dept. Store, jika berbelanja secara online di situs MatahariStore, maka poinnya juga akan ikut bertambah. Selain point tersebut, terdapat beberapa privillage lain yang dihadirkan, seperti harga pakaian yabg lebih murah dibandingkan toko offline, serta berbagai promo khas Mataharimall.com juga di hadirkan di situs Mataharistore.com. (red)