Gemar Jual-beli Online, CEO OLX Indonesia Dukung Harbolnas 2016

0
1058

Jakarta, KomIT – Perilaku jual-beli online kini tengah menjadi sebuah kebiasaan umum bagi masyarakat Indonesia. Berbagai penawaran menarik dan kemudahan yang ditawarkan seperti transaksi dan akses, yang dapat dilakukan kapan dan di mana saja, turut mendorong peningkatan jual-beli online setiap tahunnya. OLX pun merasakan adanya peningkatan hingga 1,6 juta transaksi yang terjadi di platform OLX.co.id, pada kuartal ke-3 tahun 2016.

“Kita memasuki masa jual-beli online yang berkembang pesat. Dengan adanya internet mobile penetration, grafik dari jual-beli online akan terus naik tanpa harus mengeluarkan upaya berlebihan,” ujar Daniel Tumiwa, Chief Executive Officer OLX Indonesia. Sebagai seseorang yang gemar melakukan jual-beli online, Daniel Tumiwa mengaku secara kontinu menjual barang dua hingga tiga kali dalam sebulan, sementara untuk membeli dapat dilakukan hingga seminggu sekali. “Biasanya saya berbelanja di beberapa e-ritel untuk mencari barang-barang elektronik, gadget, dan keperluan fotografi seperti lensa kamera,”
tambah Daniel Tumiwa.

Dengan banyaknya penggemar belanja online di Indonesia, Hari Belanja Online Nasional atau Harbolnas yang akan diselenggarakan pada 12 – 14 Desember 2016, menjadi sebuah ajang tahunan yang sangat dinantikan oleh masyarakat Indonesia. Pesta belanja online yang pertama kali hadir pada Desember 2012 ini pun akan diikuti oleh lebih banyak pelaku ecommerce. Panitia Harbolnas 2016 mencatat adanya kenaikan peserta hingga 35%. Harbolnas diharapkan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat dengan sebaik-baiknya, untuk membeli barang-barang yang diinginkan. Selain itu, ajang ini pun sekaligus untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap e-commerce dan turut memajukan industri ekonomi digital Indonesia.

Pada kesempatan ini, OLX menyampaikan dukungannya kepada para pelaku ecommerce dan masyarakat yang berpartisipasi. “Bagi OLX, Harbolnas merupakan ajang yang sangat menyenangkan, bahkan kami mendorong karyawan-karyawan kami untuk berbelanja,” kata Daniel Tumiwa. Sebagai penyedia jasa iklan baris online, tentunya OLX tidak ikut memberikan diskon besarbesaran. Namun, masyarakat dapat memanfaatkan OLX sebagai sebuah platform untuk menjual barang-barang lamanya terlebih dahulu, sebagai tambahan modal untuk berbelanja di Harbolnas.

OLX bahkan telah membuat sebuah ‘pemanasan’ menuju Harbolnas di kalangan pegawai. Beberapa waktu lalu, OLX membuat sebuah mini garage sale, di kantornya. Aktivitas ini dilakukan oleh para pegawai OLX. Mereka menjual barang-barang lamanya kepada sesama pegawai. Daniel Tumiwa pun tercatat menjual barang-barang terbanyak, pada aktivitas ini. “Kami ingin menunjukan kepada pegawai bahwa barang-barang lamanya dapat dijadikan dana untuk berbelanja saat Harbolnas,” ujar Daniel tumiwa. “Bagi masyarakat, kami ingin menginformasikan bahwa OLX ada, untuk membantu masyarakat mengumpulkan dana berbelanja, menjelang Harbolnas. Masyarakat dapat memanfaatkan platform OLX.co.id untuk menjual barang-barang yang sudah tidak digunakan lagi. Dengan demikian, selalu ada tambahan dana untuk berbelanja,” tutupnya. “Selain sebagai tambahan modal, setelah puas berbelanja selama Harbolnas, barang-barang baru yang ternyata kurang cocok bisa langsung dijual di OLX, sebelum nilai harganya menurun,” tutup Daniel Tumiwa. (red)