INSPERA : Literasi Digital bagi Purna TKI Indonesia

0
105

Jakarta, KomIT – Hari Perempuan Sedunia tahun ini mengusung tema #BeBoldForChange dengan fokus pada gerakan untuk menyemangati para perempuan agar lebih berani mengambil langkah nyata dan memberikan terobosan untuk meningkatkan kualitas hidupnya.

Sejalan dengan tema tersebut dan sesuai semangat Hari Kartini pada bulan April ini, Indosat Ooredoo yang telah menjalankan program Pemberdayaan Perempuan (Women Empowerment) melalui INSPERA (Inspirasi Perempuan Indonesia) sebagai salah satu pilar CSR perusahaan, berupaya mendukung program pemerintah dalam mengatasi salah satu isu utama perempuan yaitu perempuan mantan TKI yang selama ini telah menjadi pahlawan devisa, namun kurang berdaya ketika mereka kembali ke tanah airnya.

Indosat Ooredoo berisiatif menyelenggarakan program pemberdayaan khusus pada keterampilan para perempuan purna TKI di wilayah Sukabumi, Jawa Barat. Program ini bekerja sama dengan Kementerian Ketenagakerjaan, Pemerintah Daerah, LSM, hingga Universitas setempat untuk membekali para perempuan purna TKI agar lebih berkualitas dalam bekerja serta meningkatkan keterampilan kewirausahaan agar lebih mandiri di negara asal tanpa perlu bekerja di luar negeri.

Para Purna TKI mendapat pelatihan berupa edukasi literasi digital dari Indosat Ooredoo seperti kiat-kiat wirausaha sukses, teknis dan peluang pemasaran, sistem produksi dan mutu produk, analisis dan pembukuan usaha, aplikasi pemasaran online, serta topik lain yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Sebagai perusahaan telekomunikasi digital terdepan di Indonesia, program ini telah melibatkan 60 perempuan dari tiga komunitas yang menerima manfaat dari teknologi digital. Dengan akses ke dunia digital, Indosat Ooredoo berharap purna TKI semakin mudah dalam melakukan proses pencarian informasi, komunikasi, mengatur keuangan usaha, melakukan pemasaran, atau kegiatan lainnya dengan lebih mudah dan efisien yang dapat meningkatkan kualitas hidup mereka.

Komitmen Indosat Ooredoo untuk pemberdayaan perempuan juga diwujudkan dalam beberapa program lainnya, seperti program rangkaian kelas master dan profesional (Women Masterclass) seperti talkshow dengan para pengusaha perempuan terkemuka hingga pejabat pemerintahan serta mendorong lahirnya developer perempuan melalui kegiatan Indosat Ooredoo Innovation Contest (IWIC).