Tiket.com resmi diakuisisi Blibli.com

0
2086

Jakarta, KomIT – Perusahaan e-Commerce Blibli.com memperluas kategori produk perjalanan mereka dengan mengakuisisi biro perjalanan dalam jaringan (online travel agent/OTA) Tiket.com. Kepemilikan Blibli 100 persen terhadap Tiket.com sejak akuisisi pada 12 Juni 2017 lalu.

“Tiket.com memiliki track record bisnis yang bagus dimana dalam waktu relatif singkat tumbuh menjadi salah satu OTA terbesar di Indonesia, sama-sama berfokus pada kepuasan pelanggan dan dinilai konsisten dalam menjalankan bisnisnya. Di sisi lain kami juga melihat visi misi dan nilai perusahaan Tiket.com memiliki banyak kesamaan dengan Blibli.com yang diharapkan dapat memudahkan proses sinergi. Berdasarkan pertimbangan inilah kami mantap untuk melakukan akuisisi,” kata CEO Blibli.com Kusumo Martanto dalam siaran pers.

Pihak Blibli mengatakan bahwa sumber dana akuisisi berasal dari dana internal untuk pengembangan bisnis Blibli.com. Dengan akuisisi ini, Blibli menargetkan pertumbuhan pendapatan organik maupun non organik sebanyak 2,5 kali pada semester akhir 2017. Untuk Tiket.com, Blibli akan memberikan dukungan penuh dari sisi share inventory. Ini berarti inventaris yang dimiliki Blibli bisa dipakai juga oleh Tiket.com. Selain itu, Blibli juga akan mendukung terkait program penjualan, promosi, penetrasi ke sosial media, juga untuk memperkuat dari sisi sumber daya manusia.

Penandatanganan kesepakatan sudah berlangsung pada Senin (12/6) oleh Kusumo dan pendiri Tiket.com Gaery Undarsa. Pada kesempatan itu, George Hendrata juga diangkat sebagai CEO Tiket.com yang baru. Blibli.com membuat kategori Blibli Travel sejak tahun lalu, dengan varian produk tiket kereta api, kupon hotel hingga tiket wisata. Dinyatakan sejak Desember 2016 silam, perusahaannya telah menghasilkan keuntungan Rp1 triliun untuk pertama kalinya.

Gaery menyatakan proses akuisisi telah dilakukan sejak lima bulan lalu. Ia melihat ini adalah kesempatan untuk bertumbuh baik dari rencana sinergi maupun dari segi penetrasi pasar. Blibli.com akan memberikan dukungan penuh untuk Tiket.com baik dari sisi share inventory, program penjualan, promosi termasuk penetrasi ke sosial media, serta memperkuat tim atau sumber daya manusia.

Tiket.com saat ini merupakan salah satu OTA yang memiliki inventaris terbesar untuk produk tiket, pesawat, hotel, kereta api, car rental serta tiket konser. Situs tersebut bekerjasama dengan lebih dari 35 maskapai penerbangan internasional dan domestik, serta ribuan hotel domestik dan international. Setelah proses akuisisi, semua founder Tiket tetap bertahan di perusahaan tersebut. Jabatan yang berubah hanya untuk posisi CEO yang sebelumnya ditempati Geary. CEO Tiket.com akan diisi oleh George Hendrata. Sementara Geary akan Kini menempati jabatan sebagai Chief Communication Officer Tiket.com. (red/ant)

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.