VMWare: Modernize Data Centre and Transform Security

0
198

Jakarta, KomIT – VMware kembali memperkuat dukungannya terhadap transformasi digital yang semakin marak berkembang di bidang bisnis dan industri melalui acara bertema “Modernize Data Centre and Transform Security”. “Ketika berbicara mengenai transformasi digital, maka data menjadi salah satu sumber daya yang paling penting di dunia saat ini. Karena data sangat penting, maka dari cybercrime adalah ancaman berbahaya yang harus disikapi sebagai sebuah kejahatan serius. Cybercrime merupakan ancaman besar buat dunia bisnis saat ini,” Bruce Davie, Chief Technology Officer VMware APJ di Jakarta, Selasa (15/8)

Dalam mendukung transformasi digital yang masih rentan akan masalah keamanan, VMware pun memberikan beragam jenis solusi tepat sasaran, seperti misalnya membangun virtualisasi pada jaringan menggunakan salah satu solusinya yaitu NSX, di mana solusi ini dapat membantu perusahaan dalam melakukan transformasi digital dengan tetap fokus pada keamanan data dan jaringan. VMware membawa virtualisasi ke arah dimana ini bukan saja tentang efisiensi tapi juga bagaimana virtualisasi dapat meningkatkan keamanan data, mengingat banyak perusahaan yang mulai menyimpan data tidak secara fisik tetapi mulai merambah ke ranah cloud, baik private cloud, public cloud, maupun hybrid cloud.

Ditempat yang sama, Santoso Suwignyo, Acting Country Manager VMware Indonesia, menambahkan bahwa Security harus dilihat dan dikaji secara menyeluruh karena security memiliki kompleksitas yang luas. “Perusahaan tidak bisa hanya memfokuskan sistem keamanan dari satu pintu saja, namun di semua penjuru di dalam infrastruktur yang dibangun harus terjaga keamanannya. Sebab, para para penjahat siber selalu berusaha mencari dan mengakses celah-celah yang memiliki kerentanan,” ujarnya.

Untuk ke depannya, masalah keamanan tidak bisa dilihat secara remeh begitu saja, akan tetapi perlu mempertimbangkan keamanan dari segi infrastruktur dan arsitekturnya juga secara keseluruhan. Hal ini memang masih menjadi tantangan untuk para perusahaan maupun IT, terutama untuk meningkatkan awareness bahwa keamanan secara menyeluruh sangat penting untuk dilakukan ketimbang hanya melakukan keamanan dari segi perangkat atau aplikasinya saja. (red/Jagat)