Rumah Internet Indar Atmanto (RIAT) Gelar Lomba Fotografi Disabilitas

0
292

Jakarta, KomIT – Dalam rangkaian peringatan Hari Kemerdekaan RI ke-72,Rumah Internet Atmanto (RIAT) menggelar lomba fotografi khusus untuk kalangan penyandang disabilitas.

Lomba fotografi dengan tema “Disabilitas dan Teknologi merupakan kegiatan sosialisasi kepada masyarakat tentang kegiatan kaum difabel dari berbagai kalangan yang memiliki keterbatasan yang tetap beraktivitas dengan positif.

Lomba fotografi khusus difabel ini diapresiasikan oleh masyarakat difable yang ada diseluruh Indonesia. “Mengisi nikmatnya kemerdekaan dengan berbagai kegiatan yang menginspirasi dan bermanfaat,” ujar Amy Atmanto, Founder RIAT di Jakarta, Jumat (25/8).

Dalam keterangannya Amy didampingi Doktor Ninok Leksono selaku Rektor Universitas Multi Media Nusantara mendukung program pengenalan dan pemberdayaan teknologi bagi sahabat disabilitas RIAT.

Lebih lanjut dikatakan, “A picture tells a thousand words, merupakan ungkapan yang pas untuk menggambarkan betapa berwarnanya kehidupan saudara-saudara kita yang memiliki keterbatasan. Ada kita didalam photo yang diabadikan tersebut. Keseharian yang apa adanya, sangat menyentuh dan menginsipirasi kita semua,”

Menurut suami Indar Atmanto, kegiatan tersebut juga dalam rangka mendukung UU No.8 tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas. UU ini merupakan payung hukum bagi seluruh penyandang disabilitas untuk secara maksimal mengkontribusikan kemampuannya dalam pembangunan ekonomi suatu negara.

“Dalam impelementasi pelaksanaan UU ini memerlukan keikutsertaan masyarakat luas agar dapat berjalan dengan efektif dan memberi dampak kepada penyandang disabilitas dan masyarakat itu sendiri,” sambungnya.

Diketahui, RIAT yang didirikan oleh Adam Atmanto dan Faiz Atmanto adalah menyediakan solusi praktis yang dihadapi para disabilitas visual dengan bantuan teknologi. Tujuannya, memberikan nilai lebih kepada masyarakat dan lingkungan, khususnya para penyandang disabilitas.

Gagasan ini sejalan dengan salah satu pegiat RIAT, yaitu suaminya, Indar Atmanto, penerima penghargaan Presiden RI tahun 2010 atas pengabdiannya dalam mengembangkan layanan brodband internet di Tanah air, di bidang internet untuk memberdayakan masyarakat khususnya penyandang keterbatasan visual. Amy berharap, kegiatan RIAT dapat menjadi bagian dari Revolusi Digital yang dicanangkan oleh Presiden Jokowi.

Sementara itu, lomba ini diikuti oleh 173 peserta, dengan berbagai tema. Dan, melalui mekanisme pemilihan berdasarkan jumlah like pada setiap posting karya, telah diperoleh pemenang sebagai berikut:

Pemenang Hiburan-2:
Karya Mega Oktaviani, “Perjuangan Tak Kenal Lelah”
Pemenang Hiburan-1:
Karya Restia Novia Pratiwi, “Taman Cattleya”
Pemenang Ke-3:
Karya Clara Greta Aktalisa, “A World Withouth Barriers”
Pemenang ke-2:
Karya Annisa Syakina, “Tetap Semangat”
Pemenang ke-1:
Karya Ambarsulistio Adhi, “Persahabatan”
Karya Inspiratif:
Karya Agoes A Rakhman, “Tak Lelah