IWIC ke-11 Undang Talenta Muda Indonesia & Dunia Ciptakan Inovasi Digital

0
317

Jakarta, KomITe- Indosat Ooredoo, perusahaan telekomunikasi digital terdepan di Indonesia hari ini (25/9) kembali meluncurkan IWIC untuk tahun penyelenggaraan ke-11. IWIC yang telah ”go global” sejak tahun lalu dan tahun ini mengusung tema ”Digital Nation”, mengajak generasi muda Indonesia dan dunia  berkompetisi menciptakan ide dan aplikasi yang tidak hanya bermain di kancah lokal, namun juga bermanfaat bagi masyarakat secara global.

IWIC bertujuan untuk menumbuhkan dan menemukan minat-minat baru generasi muda di dunia digital, sekaligus untuk memenuhi kebutuhan talenta digital Indonesia seiring dengan tingginya tren penggunaan aplikasi mobile. IWIC juga membuka peserta dari berbagai negara sejak tahun lalu, bertujuan untuk membuat para talenta muda Indonesia mampu hadir dan bersaing dengan pemain global.

”Tahun ini Indosat Ooredoo tepat berusia 50 tahun. Di usia 50 tahun ini kami ingin menegaskan kembali komitmen kami mewujudkan Indonesia Digital Nation melalui visi kami menjadi perusahaan digital terkemuka di Indonesia. Kompetisi IWIC ke-11 ini merupakan bentuk komitmen kami mewujudkan visi tersebut, sebuah ajang kompetisi inovasi teknologi di bidang mobile pertama dan secara konsisten dilakukan sejak 10 tahun yang lalu. IWIC mengundang para talenta muda digital di Indonesia juga di negara-negara lain untuk berkompetisi ide, kreatifitas, serta inovasi digital untuk mempermudah hidup masyarakat,” ujar President Director & CEO Indosat Ooredoo, Alexander Rusli di Jakarta, (25/8)

Setelah sepuluh tahun penyelenggaraannya, program unggulan Indosat Ooredoo ini telah mengumpulkan lebih dari 10.703 proposal ide dan aplikasi digital anak bangsa. beberapa dari karya inovatif pemenang IWIC telah dapat dinikmati oleh masyarakat.

”Kami berharap semakin banyak aplikasi yang bisa dinikmati masyarakat, karena ke depan para developer akan dapat berkenalan dengan API Indosat Ooredoo. API atau application programming interface merupakan perangkat fungsi dan protokol untuk membangun aplikasi perangkat lunak. API yang disediakan Indosat Ooredoo akan memberikan akses lebih cepat terhadap sebuah aplikasi untuk dapat berinteraksi dengan pelanggan,” tambah Alexander Rusli.

Berpartisipasi di program IWIC tidak hanya memberikan kesempatan untuk memenangkan hadiah dari karya yang telah dibuat, tetapi juga kesempatan membangun jejaring kerja untuk mewujudkan dan mengembangkan karya mereka” lanjut Alexander Rusli.

Pada program IWIC ke-11, kategori kompetisi yang dapat diikuti yaitu: kategori Kids & Teens, Beginner, Professional  dan Women & Girls. Kategori-kategori ini akan berkompetisi untuk ide dan aplikasi di bidang Entertainment, Utility, Media (social media, chatting, ebook) dan juga Special Needs. Para peserta dapat membuat ide dan aplikasi untuk system operasi Android, iOS, Windows Mobile.

IWIC ke-11 juga dimeriahkan dengan rangkaian kegiatan roadshow dan gathering komunitas, hackathon dan bootcamp menjelang grand final IWIC. Para pemenang IWIC akan mendapatkan berbagai hadiah menarik diantaranya uang tunai senilai total ratusan juta rupiah serta kesempatan untuk mengunjungi berbagai perusahaan global. (red)