Indonesia Next Apps 4.0 Dorong Developer Hasilkan Karya Inovatif

0
42

Jakarta, KomITe-  Samsung Electronics Indonesia,  mengumumkan 16 pemenang Indonesia Next Apps 4.0 (INA 4.0) yang berhasil menjawab tantangan dari empat kategori yaitu Samsung SDK (Software Development Kit), Gear VR, Tizen untuk smartphone, dan Tizen untuk wearable.

INA adalah kompetisi nasional tahunan yang diselenggarakan oleh Samsung Electronics Indonesia untuk meningkatkan inovasi dalam pemanfaatan teknologi melalui pembuatan aplikasi lokal. Tujuan yang dibangun sejak awal penyelenggaraan INA adalah untuk merangkul dan mewadahi para developer aplikasi di Indonesia agar dapat menjadi sumber daya industri ICT yang mumpuni dan bermanfaat untuk kebutuhan pasar dan industri lokal.

”Dalam ajang  INA keempat ini, kami mengajak partner dari beragam industri, yaitu BRI, Sinarmas Land, Jakarta Smart City, dan Angkasa Pura II, untuk memberikan tantangan bagi para developer lokal mengembangkan aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan industri para partner INA 4.0. Dalam kompetisi ini, tim Samsung selalu bersemangat membagi ilmu dan menuntun para developer muda melalui rangkaian workshop yang diadakan di 8 kota, sejak bulan Juli 2017,” jelas KangHyun Lee, Corporate Affair Vice President Samsung Electronics Indonesia.

Lee  melanjutkan,  dari 1.600 developer yang telah mengirimkan proposal yang menjelaskan aplikasinya, tersaring 20 finalis yang diuji oleh para juri pada hari ini. Kami ucapkan selamat kepada para pemenang, dan berharap kemenangan ini menjadi motivasi mereka untuk terus menyempurnakan ilmu dan karyanya. “Kami selalu siap untuk membimbing developer Indonesia agar nantinya menjadi developer unggul dan menciptakan aplikasi yang bermanfaat untuk seluruh masyarakat Indonesia, bahkan dunia, “ lanjut Lee.

Para developer juga ditantang untuk mengembangkan solusi bagi permasalahan di industri lewat Tantangan Industri, yang mencakup industri perbankan, properti, tata kota, dan jasa publik. Dalam Tantangan Industri, Samsung bekerja sama dan merangkul para pemimpin di industri Indonesia, yaitu BRI, Sinarmas Land, Jakarta Smart City, Angkasa Pura II, serta bekerja sama juga dengan IBM sebagai partner dalam cloud platform. Kategori Tantangan Industri akan memberikan pemenang tiap kategori dengan hadiah beserta dukungan pengembangan dan pemasaran aplikasi senilai total Rp 50 juta, serta hadiah tambahan dari IBM untuk pemenang yang menggunakan Platform Cloud IBM Bluemix. (red/ju)