PP Iptek Gelar Kompetisi Robot 2017

0
40

Jakarta, KomITe- Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (PP IPTEK) Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) menggelar Kompetisi Robot 2017 di Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Dalam kompetisi ini diperlombakan dua kategori yakni soccer robo dan robo wars

Direktur PP IPTEK, M, Syahrial Annas mengatakan, pihaknya berharap dengan adanya lomba yang diikuti oleh sebanyak 254 siswa ini akan meningkatkan kreativitas anak bangsa. mulai dari usia dini, khususnya terkait kegiatan yang berbasis TI.

“Lomba robot yang dikuti pelajar SD dan SMP ini diharapakan ketertarikan pelajar terhadap bidang robotic lebih meningkat.,” kata Suahrial di Pusat peragaan Iptek, TMII, Sabtu (11/11). Padahal, teknologi robotika memang telah menjangkau masuk ke wilayah pendidikan sejak dini. Sayangnya, saat ini kemajuan teknologi robotika di Indonesia masih terbilang minim dibanding negara tetangga.

Dia menjelaskan, pihaknya ingin mengasah kemampuan anak-anak agar lebih dapat berdaya saing di teknologi robotik. Kreativitas anak bangsa diyakininya mampu bersaing dengan negara lain. “Kompetisi ini bertujuan melatih siswa dalam berfikir dengan logikanya,” katanya seraya menambahkan bahwa selain di asah kreatifitas dan logika saja namun juga kemampuan teknis, komunikasi dengan seseorang dan bekerjasama dengan tim.

Untuk diketahui, terdapat dua Kategori perlombaan yang dikompetisikan dalam Kompetisi Robot 2017 yang diikuti ratusan pelajar dari wilayah Jabidetabek, yakni yakni soccer robo dan robo wars, dimana ketentuan jumlah anggota tim soccer robo terdiri dari 3 orang per tim dan robo wars 2 orang per tim dengan usia yang sesuai dengan grade kategori lomba. (red/an)