Patrakom Hadirkan Vesel Information System dengan Mobile Apps

0
68

Jakarta, KomITe- Patrakom sebagai perusahaan dengan konsentrasi bisnis penyedia sarana dan penyelenggara jasa system komunikasi satelit. Perusahaan ini sudah 22 tahun melayani bisnis pada industri migas dan energy tepatnya berdiri tahun 1995. Semenjak tahun 2013 lalu perusahaan ini diakuisisi seratus persen oleh PT Telkom Indonesia. Dan Patrakom semakin meyakini menjadi mengibarkan sebagai perusahaan penyedia sarana dan penyelengara telekomunikasi dengan focus pada industri maritime dan energy yang handal serta terpercaya. Pada Rabu, 13/12/2017 Patrakom meluncurkan produk aplikasi Vessel Information System (VIS) berbasiskan dengan Mobile Apps di Hotel Four Season.

Dimana VIS ini akan mendukung serta memberi kemudahan dan juga efektifitas kegiatan perkapalan laut dengan berbasiskan Teknologi Information Communication Technology (ICT) dengan keungulan VIS ini dapat memonitor posisi kapal secara real time yang ditampilkan dalam peta secara presisi,fitur pergerakan kapal, yang dapat memonitor pergerakan satu kapal secara real time dan lebih spesifik, database data tracking yang besar, memungkinkan untuk dapat melihat data tracking kapal sampai periode tahunan, rangkuman perjalanan kapal selama 1 minggu terakhir dapat dilakukan dengan satu klik, dapat memonitor konsumsi bahan bakar secara periodic serta performansi mesin kapal serta fitur tambahan lainnya.

Direktur utama Patrakom, Bogi Witjaksono menyatakan, sebagai Negara kepulauan dan maritime ini tentunya kami sebagai perusahaan yang entitas bisnisnya pada awalnya sudah melayani industri perkapalan, minyak dan gas serta pertambangan dan dengan berpengalaman selama 22 tahun memberikan layanan telekomunikasi kepada seluruh industri tersebut tentunya sesuai dengan program Nawacita Presdiden Jokowi yang akan menjadikan Indonesia sebagai Negara poros maritime tentunya Patrakom akan focus pada industri Maritim dan Energi, terang Bogi.

Sementara itu Direktur Enterprise & Business Service Telkom (EBIS), Dian Rachmawan menegaskan, peluang bisnis Patrakom dalam memberikan layanan kepada industri Maritim dan Energi sangatlah terbuka sangat luas sekali. Hal tersebut terbukti sebanyak 700.000 kapal hilir mudik di seluruh perairan Indonesia, itu kapal-kapal asing maupun dalam negeri. Itu artinya potensi marketnya sangatlah besar. Apalagi competitor di dalam negeri hampir tidak ada, competitor kita dari luar negeri, ujar Dian.

Pada peluncuran aplikasi Mobile Apps Vessel Information System ini dilakukan beberapa penandatanganan kerjasama pengembangan layanan komunikasi maritime antara PT Telkom yang didukung penuh oleh Patrakom dengan sejumlah perusahaan terkemuka yaitu: PT Pertamina Shipping, PT Dok & Perkapalan Kodja Bahari (DKB), TNI AL, Biro Klasifikasi Indonesia (BKI), PT Petro One Indonesia. (red)