Lewat fitur Chatbot, VR, AI & AR GoToMalls.com Dorong Ritel

0
212

Jakarta, KomITe- GoToMalls.com berbagi pengetahuan dan pandangannya dalam event bertajuk “Transforming Indonesia’s Retail Landscape” yang merupakan gelaran tahunan Internet Retailing Expo 2018 pada 24-25 Januari 2018 lalu bertempat di Pullman Jakarta Central Park Hotel.

Selama acara berlangsung, GoToMalls.com mendemonstrasikan serangkaian inovasi dan solusi teknologi bagi industri ritel offline, termasuk fitur targeted profile dan geolokasi yang mampu mengenali lokasi dan mempelajari perilaku pengguna secara real-time. Selain itu GoToMalls.com juga memperkenalkan sederet inovasi teknologi seperti Chatbot, Augmented Reality, Virtual Reality dan Artificial Intelligence yang tengah dipersiapkan untuk menjangkau pengguna online secara digital dan mengajak mereka untuk kembali mengunjungi mall dan pusat perbelanjaan.

Bruno Zysman, pendiri dan CEO Dominopos Pte, Ltd, sebuah perusahaan teknologi berbasis di Singapura yang mengembangkan platform GoToMalls.com, mengajak para pengusaha ritel Indonesia untuk memasuki era transformasi digital dengan memanfaatkan platform real time GoToMalls.com yang siap diintegrasikan dengan berbagai inovasi teknologi terkini seperti Chatbot, AI, VR dan AR, agar pelaku ritel dapat semakin mudah terhubung dengan pelanggannya. Di masa sekarang ini, konsumen cenderung mencari informasi dan komunikasi yang lebih personal, yang akhirnya mendorong pelaku industri ritel untuk tetap bergerak dan beradaptasi guna memberikan informasi yang sesuai dengan preferensi calon konsumen.

Di hari pertama pameran, Bruno Zysman mempresentasikan visinya mengenai masa depan industri ritel di Indonesia, menyoroti kesempatan yang muncul berkat penetrasi teknologi internet yang cukup tinggi. Bruno juga mengungkapkan mengapa fitur-fitur yang ada dan dipersiapkan di dalam GoToMalls.com akan menjadi terobosan bagi industri ritel.

GoToMalls.com yang telah menjembatani pengusaha ritel dengan konsumen, dalam waktu dekat akan menampilkan fitur Chatbot, yang akan semakin memudahkan konsumen guna mendapatkan ragam informasi di dalam GoToMalls.com melalui tampilan antar muka yang sederhana dan mudah digunakan karena mampu berkomunikasi dengan bahasa asli pengguna. Fitur ini memungkinkan konsumen dan pengguna untuk mendapatkan bermacam informasi terkait dengan gerai ritel maupun promosi, selama 24 jam sehari, 7 hari seminggu cukup melalui Facebook Messenger maupun aplikasi percakapan lainnya.

Fitur kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) yang dipersiapkan GoToMalls.com akan menangkap dan mempelajari pola perilaku konsumen, yang kemudian akan mengolah informasi dan memberikan penawaran yang sesuai dengan preferensi personal pengguna.

Fitur-fitur lainnya yang tengah dipersiapkan GoToMalls.com antara lain Augmented Reality dan Virtual Reality yang dikombinasikan dengan perangkat teknologi rumah modern seperti Google Home atau Amazon Echo. Konsumen dapat dengan mudah menjelajah dan mencari produk melalui penawaran dan promosi produk di GoToMalls.com, bahkan mencoba memasang secara virtual apakah produk tersebut cocok dengan mereka. Teknologi Augmented Reality akan menampilkan sederet penawaran dan promosi ketika konsumen menunjuk sebuah gerai di dalam mall. Melalui teknologi ini konsumen diajak untuk menjelajah mall dan gerai-gerai ritel yang ada di dalamnya secara real time-virtual.

GoToMalls.com pun merencanakan untuk menambahkan layanan logistik yang akan memungkinkan toko offline menjangkau konsumennya dengan mudah. “Konsumen akan menerima berbagai keuntungan melalui ragam layanan dan terobosan teknologi yang dipersiapkan GoToMalls.com. Kami ingin membangun sebuah pengalaman berbelanja offline yang efektif dan efisien. Kami pun sangat optimis bahwa fitur-fitur yang kami persiapkan tersebut akan menarik konsumen untuk berkunjung kembali ke mall dan pusat perbelanjaan. Pedagang ritel akan menikmati keuntungan dengan memanfaatkan teknologi ini, mendorong konsumen untuk berbelanja dengan mengiklankan produk mereka melalui GoToMalls.com”, lanjut Bruno.

Dengan 410 mall dan pusat perbelanjaan, lebih dari 7.400 brand ataupun merek dan lebih 28.000 gerai, GoToMalls.com memiliki jaringan pedagang ritel yang kuat yang tersebar di seluruh kota besar di Indonesia. GoToMalls.com menyediakan informasi mengenai mall dan pusat perbelanjaan terlengkap dan terbaru secara online/daring, yang bertujuan untuk meningkatkan transaksi offline/luring di mall dan pusat perbelanjaan melalui aktivitas marketing yang didistribusikan secara digital.

Internet Retailing Expo (IRX) pertama kali diselenggarakan di Inggris dan telah menjadi salah satu event multikanal dalam industri ritel. IRX diselenggarakan setiap tahun pada bulan Maret di NEC Birmingham, Inggris. Pameran teknologi ritel ini tumbuh 25% setiap tahun sejak digelar pertama kali pada 2011. Di Asia, event IRX diselenggarakan untuk pertama kalinya di Indonesia pada 2016, dengan tujuan mendorong pelaku industri ritel untuk dapat terhubung dan berkembang dengan konsumen. Di tahun yang ketiga ini, IRX Indonesia berfokus pada kemajuan industri ritel dan menyoroti perubahan yang muncul dimana pelaku industri ritel berinteraksi dengan konsumen melalui strategi pemasaran multlikanal.(red)