Kolaborasi Lintasarta – Bank Riau Kepri Tingkatkan Akses Perbankan di Pelosok

0
154

Jakarta, KomITe. Lintasarta dan Bank Riau Kepri melakukan kerjasama pengadaan 10 unit mobil otobanking di Pekanbaru, Riau. Kerjasama ini menandakan kesiapan solusi otobanking untuk dapat segera beroperasi. Pengadaan otobanking ini menjadi salah satu inisiatif Bank Riau Kepri bekerjasama dengan Lintasarta, untuk meningkatkan kemudahan akses perbankan bagi masyarakat Riau.

Kemudahan akses perbankan merupakan salah satu kebutuhan penting dalam menunjang aktivitas ekonomi. Namun, berdasarkan data dari pemerintah, akses terhadap layanan perbankan di Indonesia saat ini baru mencapai kurang lebih 30% dari total lebih dari 260 juta penduduk.

Salah satu solusi untuk meningkatkan akses terhadap layanan perbankan adalah dengan menggunakan layanan Otobanking, atau kantor kas yang bersifat mobile dengan menggunakan sebuah kendaraan. Lintasarta bersama dengan Bank Riau Kepri, bekerjasama untuk mengadakan layanan otobanking untuk meningkatkan akses layanan perbankan di daerah Riau dan Kepulauan Riau.

Solusi ini memastikan jarak tempuh dan ketersediaan fasilitas perbankan tidak lagi menjadi kendala berarti, bagi masyarakat yang ingin menggunakan layanan perbankan. Melalui teknologi otobanking ini akan membantu masyarakat di wilayah pelosok untuk membuat rekening, mengajukan pinjaman dan melakukan transaksi antar nasabah.

Business Director Lintasarta, Alfi Asman menyampaikan, bahwa penggunaan teknologi VSAT Nomadic pada industri perbankan ini sangat tepat untuk menjangkau masyarakat di wilayah pelosok. “Penggunaan VSAT Nomadic memungkinkan kendaraan menjadi layaknya ‘kantor kas bank,’ termasuk di dalamnya fungsi ATM, customer service dan teller bank. Semua teknologi ini akan sangat bermanfaat karena dapat menjangkau wilayah-wailayah yang sulit dijangkau,” kata Alfi pada Rabu (17/1) lalu, di Pekanbaru.

Pada akhirnya, peningkatan akses layanan perbankan menjadi poin penting dalam mendorong pertumbuhan perekonomian daerah. Lintasarta dalam hal ini juga menunjukan komitmen dalam memberikan layanan terbaik untuk mendorong pertumbuhan daerah dengan solusi total ICT yang dapat diandalkan.