TLI: Manfaatkan GPS Tracking & Manifes Elektronik Kawal Pengangkutan B3

0
414
PT Teknotama Lingkungan Internusa - Ecostar Group Head Office

Jakarta, KomITe.ID – Kasus pembuangan limbah B3 di lokasi yang tidak semestinya, sampai dengan ‘hilangnya’ limbah B3 sempat menjadi perhatian KLHK dan masyarakat pada tahun 2013. Beberapa truk pengangkut limbah milik perusahaan yang tidak bertanggungjawab, tidak diketahui kemana akhir tujuan dari pembuangannya.

Peristiwa ini cukup miris. Hingga kini persoalan B3 menjadi mata rantai yang tak pernah putus, karena ulah perusahaan dengan managemen yang kurang bertanggung jawab. Padahal, memastikan limbah B3 (Bahan Berbahaya dan Beracun) benar-benar sampai ke lokasi pengelolaan yang memiliki izin dari KLHK (Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan) merupakan fokus untuk setiap perusahaan dalam kegiatan pengelolaan limbah B3.

Menanggapi permasalahan tersebut, PT Teknotama Lingkungan Internusa (TLI) dari Ecostar Group memasang alat pelacak (GPS Tracking) pada unit truk yang dimiliki. Melalui GPS Tracking tersebut, sistem dapat membaca pergerakan truk pengangkut limbah B3 yang akan terintegrasi dengan server di KLHK dan data akan terekam sehingga dapat dilacak setiap waktu.

Penggunaan GPS Tracking

PT TLI berkomitmen untuk menciptakan dunia baru yang lestari dan ramah lingkungan, sehingga dengan diterapkannya sistem GPS Tracking ini dapat memastikan limbah B3 sampai ke tempat pengolahan yang legal, memastikan rute yang dilalui sesuai dengan yang seharusnya dan memastikan kecepatan truck sesuai dengan standarisasi yang berlaku agar limbah B3 tetap aman selama perjalanan.

Selain sistem GPS Tracking pada truk, pengemudi truk limbah B3 yang dimiliki oleh PT TLI juga telah mendapatkan pelatihan dan sertifikasi sebagai pengemudi khusus angkutan limbah B3 oleh Kementerian Perhubungan (KEMENHUB). Dengan begitu, standar pengoperasian kendaraan pengangkut limbah B3 dilakukan sesuai prosedur operasional standar (SOP) yang diberlakukan oleh pemerintah.

Integrasi Koneksi ke Server KEMENHUB

Seiring berjalannya waktu, penggunaan GPS Tracking bukan merupakan satu-satunya cara untuk menutup peluang penyalahgunaan dalam hal pengangkutan limbah B3. Program Manifes Elektronik (Festronik) Online juga telah diterapkan oleh KLHK dengan tujuan pengawasan dalam pengolahan limbah B3. Festronik ini dapat meminimalisir kecurangan yang sering terjadi dalam sistem stiker QR Code offline.

Melihat realita yang terjadi, PT TLI sudah mulai meninggalkan sistem konvensional QR code dan beralih ke Festronik. Sistem Festronik ini akan terintegrasi secara online via internet untuk pemberian ijin dan pengelolaan limbah B3.

Sistem Festronik ini diharapkan dapat memberikan kepastian hukum bagi sistem pengangkutan limbah B3 industri dan tentunya dapat memberikan keuntungan secara ekonomi dan lebih ramah lingkungan, karena sudah menganut sistem paperless atau tidak lagi menggunakan dokumen manifest fisik rangkap tujuh lembar dan stiker QR Code atau barcode.

Keunggulan PT TLI, bukan hanya bergerak dalam bidang pengangkutan limbah B3, namun juga sekaligus memiliki izin pemanfaatan limbah B3 dari KLHK. PT TLI juga bergerak di bidang jasa engineering, bidang lingkungan dan memiliki sumber daya manusia profesional diantaranya di bidang pengelolaan limbah B3, pengolahan air limbah industri (IPAL), AMDAL dan laboratorium lingkungan. (*)