Presiden Jokowi Diharapkan Hadiri Pengukuhan Pengurus PSMTI

0
316

Jakarta, KomITe- Presiden Joko Widodo (Jokowi) diharapkan akan menghadiri acara Pengukuhan dan Pelantikan Pengurus Pusat Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) periode 2017-2021. Acara yang mengusung tema “Dengan Semangat Baru, PSMTI Membangun Negeri Indonesia – NKRI”, akan berlangsung di Ballroom Sun City Jakarta, pada 8 Mei mendatang.

Diketahui, keputusan Munas VI PSMTI pada 7-9 Desember 2017 lalu telah terpilih kembali David Herman Jaya sebagai ketua umum PSMTI periode kedua, dengan Sekretaris Umum Eddy Hussy dan Bendahara Umum Husin Wijayakusuma. “Kepengurusan baru diharapkan melanjutkan program kegiatan sosial dan budaya seperti telah dilaksanakan secara intensif oleh kepengurusan daerah,” kata David Herman Jaya saat konferensi pers di Kantor Pusat PSMTI Jakarta, Senin (23/4).

Lebih lanjut dikatakan, PSMTI akan kerjasama antar ASEAN dalam bidang investasi, pariwisata, budaya, kesehatan, pendidikan. Program sosial kemasyarakatan tersebut akan dikembangkan dengan program pembekalan perihal wawasan Kebangsaan dan Kebhinekaan oleh Lembaga Pemerintahan terkait seperti dengan Kantor Menko Polhukam dan Kantor BPIP.

Sebelumnya, pertemuan Marga Tionghoa Indonesia (PMTI) dan Konfrensi Marga Tionghoa Asean ke VIII yang melibatkan marga-marga tionghoa lain dari dalam dan luar negeri sukses digelar di Batam pada 2016 lalu. Kegiatan PMTI pertama dilakukan di Indonesia dengan tujuan untuk memperat tali silaturahmi dan persaudaraan sebagaimana layaknya bersosialisasi atas asa kemasyarakatan.

“Usai pengukuhan, PSMTI akan mengadakan pelawatan ke negara tetangga Filipina dan Thailand dalam rangka pembahasan kerjasama dibidang pariwisata, kesehatan dan lain sebagainya.Dengan lawatan ini, kita akan promosikan Indonesia sehingga frekuensi kunjungan wisatawan akan naik . Tetapi sekaligus memasarkan investasi bisnis berbasis pariwisata di tanah air,” tambahnya. Kegiatan serupa juga sudah sering dilakukan seperti di Malaysia, Thailand, Philipina, Jepang, Taiwan, Kanada, Autralia dan lain sebagainya

Selain itu melalui acara pengukuhan dan pelantikan ini diharapkan juga para insan Tionghoa Indonesia yang telah memberikan sumbangsih kepada bangsa dan negara dalam segala sendi kehidupan untuk terus turut serta dalam pembangunan Bangsa Indonesia dan menjaga kesatuan NKRI. Apalagi, PSMTI ini adalah Organisasi yang besar dimana memasuki periode ke 6 atau tahun ke 19 berdirinya organisasi, saat ini PSMTI telah mempunyai 29 Kepengurusan Provinsi dan mendekati 300 cabang di Kabupaten dan Kota. (red)