ESET Rilis Cloud Endpoint Security bidik UKM

0
150

akarta, Itech – Survei lembaga riset IT Gartner dalam situsnya menyebutkan bahwa segmen pasar yang tumbuh paling cepat adalah layanan infrastruktur sistem cloud yang diperkirakan mencapai 35,9 persen pada 2018 atau sekitar $40,8 milyar. Hal ini menunjukkan Kehadiran Cloud Computing atau komputasi awan beberapa tahun belakangan mengubah segalanya.

Sementara Forester menyampaikan data yang mirip, secara global total market Cloud Computing di tahun 2018 diprediksi sebesar US $178 Milyar, naik dari $146 milyar pada tahun 2017, dan akan terus tumbuh pada tingkat pertumbuhan tahunan gabungan sekitar 22%. Artinya banyak perusahaan sudah mempercayakan layanan komputasi awan untuk kelangsungan bisnisnya.

Cloud Endpoint Security Powered by ESET merupakan respon terhadap kebutuhan layanan cloud khusus untuk manajemen antivirus (ERA-ESET Remote Administrator) yang digagas oleh PT Prosperita Mitra Indonesia, Exclusive Distributor ESET di Indonesia dan Timor Leste. Layanan cloud ini menggunakan fasilitas awanpintar.id dengan server lokal di Indonesia. Sasaran pengguna solusi adalah untuk perusahaan skala kecil-menengah.

Pemilihan target pengguna skala UKM didorong oleh kenyataan bahwa kebanyakan perusahaan skala ini tidak memiliki IT atau mereka memiliki kendala pada SDM IT yang kurang mumpuni. Juga biasanya tidak memiliki budget untuk pengadaan server antivirus, padahal kebutuhan proteksi data sangat tinggi mengingat serangan jenis Ransomware dan berbagai serangan baru makin menakutkan dan dapat membawa kerugian yang tidak sedikit.

“Kami meyadari salah satu keterbatasan yang dimiliki oleh perusahaan skala kecil dan menengah di Indonesia, yaitu alokasi perangkat server dan sumber daya tenaga ahli untuk keamanan data. Itu sebabnya kami menyediakan layanan Cloud Endpoint Security Powered by ESET, yang merupakan satu-satunya teknologi komputasi awan untuk Endpoint Security dengan server lokal di Indonesia,” tutur Yudhi Kukuh, Technical Consultant PT Prosperita – ESET Indonesia.

Kehadiran sistem komputasi awan via awanpintar.id merupakan terobosan dalam upaya memberikan kemudahan dan efisiensi bagi pengguna dalam layanan pengelolaan dan penyimpanan data-data berharga. Keamanan data tersebut terjamin dalam lingkungan infrastruktur dengan perlindungan berlapis dari ESET solusi antivirus yang sudah dikenal kredibiltasnya.

Biasanya hanya perusahaan besar yang mampu berinvestasi dengan teknologi terdepan. Dengan Cloud Endpoint Security Powered by ESET, perusahaan UKM dapat bersaing sejajar dengan perusahaan besar berkat teknologi dengan kemampuan yang sama tanpa harus berinvestasi lebih di server dan tenaga ahli. (red)