Google Station Berkolaborasi dengan FiberStar Hadir di Medan

0
41

Jakarta, KomITe– Google Station yang bekerjasama dengan FiberStar selaku penyedia jaringan infrastruktur, kembali menambah jumlah lokasinya di Indonesia. Di bulan Juli ini, direncanakan untuk diluncurkan Google Station di kota Medan, Sumatera Utara. Sejumlah fasilitas publik di beberapa lokasi strategis di Kota Medan kini akan dilengkapi dengan keberadaan Google Station seperti di Rumah Sakit Umum (RSU) Dr. Pirngadi, Universitas Medan Area, University HKBP Nommensen, STT Harapan Medan, STMIK Triguna Dharma hingga di beberapa pusat perbelanjaan seperti Cambridge City Square dan Focal Point Medan. Peluncuran perdana Google Station di Kota Medan ini ditargetkan mencapai belasan lokasi dan akan live sebelum Agustus 2018.

Google Station seperti yang sudah diketahui merupakan sebuah fasilitas wi-fi publik gratis yang tersebar di sejumlah tempat umum seperti rumah sakit, alun-alun kota, lembaga pendidikan (universitas, sekolah, dll) , hingga taman kota. Hadirnya fasilitas seperti Google Station ini, sekaligus menjadi sebuah bentuk dukungan untuk perkembangan gaya hidup digital yang tentunya membutuhkan konektivitas cepat dan stabil. Seperti yang dikatakan oleh Tony Keusgen, Managing Director Google Indonesia, bahwa di Indonesia hingga saat ini, masih banyak ditemukan permasalahan seperti sulitnya menemukan koneksi yang cepat, aman, dan stabil khususnya di luar pulau Jawa. Untuk itu, FiberStar selaku mitra dan penyedia infrastruktur, beserta Google berupaya untuk terus menambah titik-titik keberadaan Google Station.

“Kami melihat potensi yang sangat besar di Kota Medan sendiri dimana menurut data Nielsen, hingga tahun 2017 data pengguna internet mencapai 994.000 orang dan terus bertambah. Merupakan sebuah kebanggaan bagi kami dapat turut serta mendukung usaha peningkatan kualitas hidup masyarakat melalui hadirnya Google Station untuk mempermudah akses informasi. Hal ini juga merupakan sebuah bentuk kepedulian perusahaan bagi masyarakat “, ujar Thomas Dragono, Direktur FiberStar.

Google Station yang secara resmi telah diluncurkan pada Agustus 2017 yang lalu di Jakarta, hingga saat ini dapat dijumpai di Palembang, Bekasi, Depok, Tangerang, Bogor, Bandung, Batang, Surabaya, Bali, dan tentunya menyusul bulan ini Kota Medan. Diharapkan kehadiran fasilitas umum seperti Google Station di Kota Medan ini dapat dimanfaatkan secara bijak dan maksimal oleh masyarakat Medan, serta memberikan dampak yang positif. Selain untuk memudahkan akses informasi, diharapkan juga terjadi peningkatan jumlah masyarakat melek teknologi di Kota Medan khususnya dan eonomi digital pada umumnya. Untuk menggunakan fasilitas ini, masyarakat hanya cukup memiliki gadget yang kompatibel dan nomor telepon selular valid yang sudah terdaftar. (red)