Ituk Herarindri: Hantar Bandara AP II Raih The World Most Improved Airport

0
72

Jakarta, KomITe.ID – Ituk, demikian sapaannya, Direktur Airport Service & Facility PT Angkasa Pura II (Persero) ini mempunyai pengalaman yang komprehensif di bidang konektifitas dan transportasi darat (PT KAI), laut (PT Pelni) dan udara (PT AP II). Sebelum Ituk diminta oleh Ignatius Jonan Menteri Perhubungan agar bergabung dengan Angkasa Pura II, Ituk sempat menduduki posisi VP Customer care PT KAI, yang juga ‘melahirkan’ divisi customer care di PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) pada tahun 2014.

Menurut Ituk, achievement tertinggi Bandara Soekarno Hatta yang dicapai dalam 2 tahun di bawah direktorat airport services yaitu:

Pertama, AP II menjadi Juara 1 (satu) kelas Dunia dengan tema “The World Most Improved Airport” yang dikeluarkan badan prestigious dunia Aviation, Skytrax.

Kedua, Untuk pertama kalinya tercapai score Customer Satisfaction Index (CSI) standar International dari Airport Service Quality (ASQ) sebesar: 4,68 (dari skala 1 sd 5).

Pencapaian ini sudah melampaui KPI dari BUMN & RJPP untuk tahun 2017. Sebuah prestasi luar biasa dari AP II melebihi airport lainnya secara nasional.

Tantangan yang Dihadapi AP II
Ketika dimintai konfirmasi atas tantangan yang dihadapi AP II, Ituk menegaskan bahwa modernisasi fasilitas layanan ke digital menjadi tantangannya.  Ini adalah era transformasi layanan yang membutuhkan waktu, tenaga, investasi, sosialisasi yang intens kepada publik karena pada dasarnya inti transformasi digital adalah transformasi karyawan & pelanggan.

Harapan Ituk untuk masa mendatang AP2 yaitu membawa 15 Bandara di bawah management PT Angkasa Pura II (Persero) menjadi World Class Airport/Global Standart, serta mencapai visi AP II, yaitu: To Become Smart Connected Airport sesuai RJPP tahun 2020.

Smart Connected Airport tentu sangat penting menuju visi Smart Home, Smart City bahkan Smart Nation ke depan. Selama dua tahun terakhir sudah banyak yang dilakukan Ituk, terlihat dari progress dan kemajuan yang sudah dicapai antara lain melakukan peningkatan & inovasi layanan, yaitu:

  1. Layanan Tatap Muka
  2. Layanan Contact Center
  3. Layanan Social Media
  4. Implementasi Program Customer Happiness
  5. Implementasi Program Digital Journey Experience
  6. Menjadikan seluruh Bandara di bawah naungan AP II menjadi World Class Airport/Global Standard.

Dapat dilihat pembangunan karakter manusia yang mau melayani dengan profesional merupakan tantangan semua perusahaan jasa sekelas AP II dan Ituk berhasil membawa pelayanan AP II menjadi World Class Airport di kawasan Asean.

Kinerja 15 Airport di bawah AP II
Saat ini PT Angkasa Pura II (Persero) mengelola 15 (Lima Belas) bandara, yaitu:

  1. Bandara Soekarno – Hatta – Tangerang
  2. Bandara Halim Perdana Kusuma – Jakarta
  3. Bandara Husein Sastranegara – Bandung
  4. Bandara Sultan Thaha – Jambi
  5. Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II – Palembang
  6. Bandara Sultan Syarif Kasim II – Pekanbaru
  7. Bandara Minangkabau – Padang
  8. Bandara Kualanamu – Medan
  9. Bandara Silangit – Siborong borong
  10. Bandara Raja Haji Fisabilillah – Tanjung Pinang
  11. Bandara Depati Amir – Pangkal Pinang
  12. Bandara Supadio – Pontianak
  13. Bandara Sultan Iskandar Muda – Aceh
  14. Bandara Banyuwangi – Blimbingsari
  15. Bandara Internasional Jawa Barat – Kertajati

Bahkan karena sukses yang diraih oleh AP II, maka rencananya AP II akan dipercayai oleh Kabinet Jokowi untuk mengelolah tambahan 9 (sembilan) bandara lagi.

Airport Soekarno Hatta: Gerbang Internasional Bangsa Indonesia
Soekarno – Hatta airport istimewa dari posisinya yang strategis sebagai airport yang terbesar dan terletak di ibukota negara, sehingga memungkinkannya menjadi pintu gerbang Bangsa Indonesia, karenanya akan terus didorong untuk bisa menjadi Airport bintang 5.

Keharusan untuk terus berinovasi dan bertransformasi mengikuti standar dunia secara People, Process & Facility, menjadi tantangan bagi Airport Soekarno-Hatta.

Menurut Ituk yang masih harus dicapai ke depan adalah menjadikan seluruh Bandara AP II sesuai RJPP 2020 yaitu:

  1. World class people & high performance culture
  2. Menjadikan Bandara Soekarno – Hatta Regional Hub
  3. Menjadikan Bandara Kualanamu Primary International Hub
  4. Smart Airport fully integrated
  5. ASQ score: 4,7

Beberapa achievement awards dan penghargaan yang diterima oleh AP II dari luar negeri maupun dari dalam negeri

  1. Dari sisi pelayanan & fasilitas selama kurun waktu tahun 2015 – 2017, adalah sebagai beriku:Jumlah Award Th.2015: 16 Awards, jumlah Award Th.2016: 33 Awards, dan jumlah Award Th.2017: 47 Awards.
  1. Jumlah penghargaan umum yang telah didapat selama 3 (tiga) tahun tersebut pada kategori dalam & luar negeri yaitu: Internasional: 71 Awards dan Nasional: 25 Awards.
Terminal 3 Soekarno Hatta Airport (dok. photo www.angkasapura2.co.id)

Indonesia sangat beruntung mempunyai pahlawan emansipasi wanita, Ibu Kartini yang banyak menginspirasi kaum wanita di Indonesia agar selalu mempunyai semangat membara dalam mencapai cita – citanya untuk keluarga, bangsa dan negara. Keberhasilan Ituk memimpin Airport Service & Facility, PT Angkasa Pura II (Persero) menunjukkan tangan dingin seorang perempuan yang tak dapat dinafikan dalam panggung emansipasi yang telah diperjuangkan R.A.Kartini.

Ituk Herarindri sosok Kartini Indonesia yang mampu meningkatkan Airport di bawah kontrol AP2 sebagai Pintu Gerbang Internasional menjadi The World Most Improved Airport versi Skytrax. **