Hikvision Hadirkan CCTV berbasis AI Dukung Smart City

0
85

Jakarta,KomIte – Dalam rangka mendukung pengembangan konsep smart city (kota pintar), Hikvision, penyedia solusi video surveillance & security system, menghadirkan solusi baru berbasis teknologi Artificial Intelligent (AI). Teknologi AI yang dikembangkan meliputi Object Detection, Face Recognition, License Plate Recognition (ANPR), dan People Counting yang bisa diaplikasikan untuk Intelligent Traffic System, Smart Retail, Smart Parking, Smart Building, dan obyek lainnya.

Saat ini semakin banyak perusahaan-perusahaan teknologi sedang mengembangkan teknologi AI tersebut. Bahkan muncul ungkapan teknologi AI digadang-gadang akan bisa menggantikan posisi manusia. Bahkan bisa dikatakan lebih pintar dari manusia, khususnya pada sektor pekerjaan dan analisa. Sehingga penggunaan teknologi kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI), diprediksi akan membawa perubahan besar dalam berbagai bidang dalam berbagai aktivitas manusia.

Secara umum teknologi AI juga bisa diimplementasikan untuk pengembangan berbagai smart concept, termasuk smart city, smart home, smart building dan lainnya. Dalam kaitan ini, HIKVISION sebagai penyedia solusi video surveillance & security system terdepan, menawarkan solusi lengkap dalam penarapan Smart City yang berbasis teknologi AI. Meliputi Intelligent Traffic System, Smart Retail, Smart Parking dan Smart Building. Dengan jajaran teknologi AI yang diusung antara lain mencakup Object Detection, Face Recognition, License Plate Recognition (ANPR), dan People Counting.

Saat ini, Hikvision dengan solusi video surveillance & security system, juga sudah ikut mengembangkan konsep smart city di beberapa kota di Indonesia, seperti Jakarta, Tangerang, Surabaya dan lainnya. “Solusi teknologi yang kita tawarkan juga terus ditingkatkan, baik dari hardware-nya seperti perangkat camera video surveillance maupun software untuk sistem integrasinya. Pada prinsipnya kita menyediakan total solution untuk pengembangan konsep smart ini, termasuk untuk mendukung berbagai kegiatan di dunia usaha dengan teknologi terkini yang terus kita kembangkan, di antaranya berbasis teknologi Artificial Intelligent (AI) ini,” ungkap Presdir PT. Pasifik Teknologi Indonesia (PTI) Nicko Christian di Jakarta, kemarin.

Dijelaskan, solusi yang dikembangkan dengan teknologi IA memiliki tingkat surveillance yang lebih tinggi. Misalnya teknologi People Counting dan Face Recognition dengan tingkat akurasi tinggi yang dapat diterapkan secara luas sebagai bagian dari Smart Building, untuk menghitung jumlah manusia dan analisa wajah mereka yang masuk dan keluar pada tempat umum. Contohnya seperti bank, pusat perbelanjaan (misalnya pasar swalayan dan toko), stasiun, bandara dan lainnya. “Teknologi People Counting melakukan deteksi dan perhitungan berdasarkan pada ketinggian bahu manusia dengan tingkat akurasiyang tinggi hingga lebih dari 90%. Algoritma ini jauh lebih cepat dan lebih baik dibandingkan dengan algoritma yang dilakukan dengan cara menghitung kepala,” ujar Witanto selaku Technical Support Manager PTI.

Dalam acara ini, Hikvision bersama PTI juga memperkenalkan juga teknologi terbarunya yaitu Turbo HD 5.0. Teknologi ini memiliki dua kelebihan yaitu : Colorvu dan Acusense, yang lebih baik dari teknologi pendahulunya. Dengan kemampuan Colorvu yang dapat menampilkan gambar berwarna lebih cerah, bahkan pada saat situasi gelap sekalipun, dan Acusense yang memakai sejumlah teknologi Deep Learning terkini untuk meningkatkan deteksi objek. Secara khusus, AcuSense mendeteksi kendaraan atau manusia.

“Hikvision selalu berusaha untuk memberikan produk yang berkualitas, dengan mengutamakan teknologi dan selalu menampilkan inovasi terdepan. Diharapkan HIKVISION dapat menjadi solusi bagi berbagai pihak yang menginginkan produk video pengawasan yang dapat diandalkan setiap waktu. Dengan adanya teknologi AI yang mendukung Smart City ini diharapkan penduduk kota dapat lebih merasa aman dan nyaman.” Ucap Michael Chen, Country Manager dari Hikvision Indonesia.

Ditambahkan, produk solusi Hikvision sudah diaplikasikan untuk solusi pengawasan video yang inovatif di berbagai belahan dunia. Di dukung tenaga kerja penelitian dan pengembangan (R&D) yang kuat, Hikvision telah memajukan teknologi pada audio dan video encoding, pengolahan tampilan video, dan penyimpanan data, serta teknologi masa depan seperti komputasi cloud, data besar, dan pembelajaran yang mendalam. Hikvision telah mengoperasikan 33 anak perusahaan regional di seluruh dunia untuk mencapai kehadiran yang benar-benar nyata.

Di Indonesia, perusahaan ini melebarkan sayapnya melalui salah satu distributor terbesar, terlengkap dan terdepan dibidang video surveillance & security system yaitu PT. Pasifik Teknologi Indonesia (PTI). Dengan tujuan berkontribusi pada peningkatan keamanan dan masa depan yang lebih baik, PTI terus berupaya meningkatkan penetrasi pasar. Saat ini, sudah memiliki lebih dari 1.000 partner yang tersebar di seluruh Indonesia dan terus berkembang ke seluruh kota di Indonesia. Apalagi di era teknologi informasi yang makin berkembang, di mana konsep smart city juga terus dikembangkan di beberapa kota di Tanah Air. (Red)